Gadget

LG Innotek Dipastikan Jadi Pemasok Utama Kamera Tele untuk iPhone 16 Pro

Kamera iPhone 16
LG Innotek jadi pemasok utama kamera tele iPhone 16. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - LG Innotek telah dipastikan akan menjadi pemasok utama modul kamera tele pada jajaran iPhone 16 Pro.

Menurut laporan dari The Elec, perusahaan komponen asal Korea Selatan ini telah menerima pesanan penuh untuk batch pertama iPhone 16 Pro. Pesanan tersebut mencakup modul kamera tele dengan teknologi folded zoom, serta aktuator untuk optical image stabilization (OIS) yang dikembangkan melalui kerja sama dengan Jahwa Electronics.

Batch pertama modul kamera tele ini telah mencakup lebih dari setengah dari total pesanan iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max yang akan diproduksi oleh Apple. Beberapa sumber bahkan melaporkan bahwa angka ini mencapai 70% dari total produksi dua seri iPhone Pro yang akan diproduksi oleh Apple.

Sisanya akan diproduksi oleh Foxconn dan Cowell pada kuartal keempat tahun 2024 untuk mengurangi biaya produksi.

Sebagai catatan, LG Innotek juga menjadi satu-satunya pemasok kamera tele untuk iPhone 15 Pro Max. Sharp sebelumnya diperkirakan akan menjadi pemasok modul kamera tersebut, namun mereka mundur di tengah proses.

Teknologi kamera tetraprism, yang dikenal sebagai kamera periskop pada perangkat Android, akan hadir di iPhone 16 Pro, bukan hanya pada seri Pro Max seperti pada iPhone 15 Pro Max. Seperti pada seri sebelumnya, kamera Tetraprism ini akan memiliki kemampuan zoom optik hingga 5x.

Dalam bill of material atau daftar harga komponen untuk iPhone 15 Pro Max, kamera Tetraprism ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan harga iPhone 15 Pro Max dibandingkan dengan iPhone 14 Pro Max.

Hal ini disebabkan oleh harga modul kamera tersebut yang lebih mahal sebesar USD 25,1 dibandingkan modul kamera tele pada iPhone 14 Pro Max. Kenaikan harga ini hanya kalah dibandingkan dengan chip A17 Pro, yang harganya lebih mahal USD 30 dibandingkan A16 Bionic yang digunakan pada iPhone 14 Pro dan kemudian di iPhone 15.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua