Gadget

Samsung Luncurkan Galaxy A06, Bakal Segera Hadir di Indonesia Loh

Samsung Galaxy A06
Samsung resmi luncurkan Galaxy A06 di Vietnam dan dikabarkan bakal segera hadir di Indonesia. (screenshot @gizmologi.id)

PasundanEkspres - Samsung baru saja meluncurkan ponsel terbarunya, Galaxy A06, secara diam-diam. Ponsel ini dipastikan akan segera hadir di pasar Indonesia.

Galaxy A06 pertama kali diperkenalkan di Vietnam. Perangkat ini dilengkapi dengan layar LCD berukuran 6,7 inci dengan notch berbentuk tetesan air, mirip dengan Galaxy A05. Layar tersebut memiliki resolusi HD+ dan telah mengalami peningkatan refresh rate dari 60Hz menjadi 90Hz.

Ponsel ini tetap menggunakan chipset yang sama seperti pendahulunya, yaitu MediaTek Helio G85. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM hingga 6GB dan memori internal hingga 128GB.

Pada bagian belakang, terdapat dua kamera, dengan kamera utama beresolusi 50 MP. Informasi mengenai kamera kedua belum diketahui, namun kemungkinan besar berupa sensor tambahan seperti depth sensor.

Desain Galaxy A06 juga mengalami perubahan dengan hadirnya 'Key Island,' yang mengadopsi desain dari seri Galaxy A lainnya. 'Key Island' merupakan tonjolan di sisi kanan ponsel yang menampung tombol volume dan tombol daya.

Galaxy A06 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan mendukung pengisian cepat 25W. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 14 dan dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol daya serta fitur keamanan Samsung Knox Vault.

Baru-baru ini, Samsung mengumumkan fitur Circle to Search untuk beberapa ponsel seri Galaxy A dan tablet Galaxy Tab S9 FE. Namun, dalam pengumuman Galaxy A06, Samsung tidak menyebutkan kehadiran fitur Circle to Search atau AI, sehingga kemungkinan besar fitur tersebut tidak akan tersedia pada Galaxy A06.

Kabar baiknya, Galaxy A06 telah dipastikan akan diluncurkan di Indonesia setelah mendapatkan persetujuan dari regulator. Ponsel ini telah terdaftar dalam database TKDN Kementerian Perindustrian dengan nomor model SM-A065F dan nilai TKDN sebesar 39,60%. Selain itu, Galaxy A06 juga telah muncul di database sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Di Vietnam, Samsung Galaxy A06 dibanderol dengan harga 3.190.000 Dong (sekitar Rp 1,9 juta) untuk varian 4/64GB dan 3.790.000 Dong (sekitar Rp 2,3 juta) untuk varian 6/126GB. Untuk informasi harga Galaxy A06 di Indonesia, kita tunggu pengumuman resmi dari Samsung.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua