Game

10 Game Gacha Terbaik untuk Para Gamer F2P

Game gacha terbaik
Game gacha terbaik untuk kamu yang suka F2P. (screenshot Honkai Star Rail (HSR) @act.hoyoverse.com)

PasundanEkspres - Pada masa lalu, tujuan utama para gamer bermain game adalah untuk menghabiskan waktu luang atau sekadar mencari hiburan. Mereka cukup menyelesaikan misi yang diberikan pengembang, kemudian menamatkannya, dan berbagi pengalaman tersebut dengan teman-teman.

Namun, kondisi sekarang berbeda. Gamer seakan dibujuk untuk mengeluarkan uang agar bisa menikmati berbagai elemen tambahan dalam permainan. Banyak game PC, konsol, atau mobile saat ini yang telah menerapkan sistem tersebut.

Sistem yang dimaksud adalah gacha. Beberapa orang menganggap mekanisme ini mirip dengan loot box. Biasanya, game free to play yang menggunakan konsep seperti ini.

Pengembang memasukkan sistem ini ke dalam permainan dengan menawarkan karakter, item, atau skin langka. Namun, mengingat ini gacha, pemain yang menghabiskan uang virtualnya tidak langsung mendapatkan hadiah yang diinginkan.

Karena ketika bermain, pemain akan menerima item secara acak. Jadi cara mendapatkannya berbasis peluang atau bisa juga disebut untung-untungan.

Dengan sistem ini, pengembang berhasil meraih banyak keuntungan. Terlalu banyak uang yang sudah dihabiskan gamer demi mendapatkan item atau skin impian.

Namun, ada juga orang yang tidak terpengaruh dengan hal semacam itu. Mereka adalah gamer free to play yang berharap mendapatkan item gratis dari kebaikan hati pengembang, atau memperolehnya dari event yang sedang berlangsung.

Nah, PasundanEkspres telah mengumpulkan game gacha terbaik yang cocok untuk para gamer free to play. Berikut daftarnya sebagaimana dihimpun dari Gamerant oleh PasundanEkspres pada Jumat (21/6/2024).

Game Gacha Terbaik
1. Naruto X Boruto Ninja Voltage

Game gacha pertama adalah Naruto X Boruto Ninja Voltage yang dirilis pada 21 November 2017. Game ini tersedia di Android dan iOS.

BNE LLC berhasil menyajikan gameplay seru dengan visual dan UI yang unik. Pemain diminta membangun sebuah tim yang terdiri dari empat ninja untuk merampungkan misi dan mengalahkan karakter lain.

2. Alchemy Stars

Tencent kembali meluncurkan game berkualitas, kali ini berjudul Alchemy Stars, yang diperkenalkan pada 17 Juni 2021. Game ini bisa dinikmati di Android dan iOS.

Pemain bisa mengumpulkan dan membuka prajurit Aurorian dari berbagai elemen, kelas, dan faksi. Tugas utama adalah menyelamatkan Astra dari penjajah yang dikenal sebagai Eclipsites.

3. Bleach: Brave Souls

Berbeda dengan dua game sebelumnya, Bleach: Brave Souls tersedia di berbagai platform gaming, termasuk PC, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Pemain akan mengikuti alur cerita seperti di animenya, dengan tambahan konten yang membuatnya lebih seru. Pemain diminta membuat tim yang terdiri dari tiga karakter dengan gaya bertarung hack and slash.

4. Epic Seven

Epic Seven adalah game gacha berikutnya yang layak dicoba oleh pemain free to play. Pemain berperan sebagai pewaris yang diciptakan oleh Dewi untuk melawan Archdemon, musuh yang telah menghancurkan dunia sebanyak enam kali.

Elemen free to play dalam game ini mirip dengan game gacha pada umumnya, dengan pemain memanfaatkan event dan keuntungan log-in harian.

5. Punishing Gray Raven

Game gacha fiksi ilmiah berlatar dunia dystopian ini menawarkan pertarungan seru. Pemain mengendalikan Lucia dan tim Gray Raven untuk merebut kembali Bumi dari robot jahat.

Meski gacha digembor-gemborkan untuk pembelian dalam game, pemain diberikan kesempatan memilih unit kelas S saat pertama kali bermain.

6. Dragon Ball Legends

Penggemar waralaba Dragon Ball dapat membentuk tim impian mereka di Dragon Ball Legends, yang dirilis pada 17 Mei 2018 di Android dan iOS.

Game ini menonjolkan gameplay di mana pemain membangun tim beranggotakan enam orang, dengan tiga di antaranya dapat dikerahkan ke dalam pertempuran real-time.

7. Honkai: Star Rail

Honkai: Star Rail, yang dirilis pada 26 April 2023, berhasil menarik perhatian gamer di seluruh dunia. Game ini tersedia di Android, iOS, PC, dan PS5, menawarkan gaya bertarung turn-based.

8. Genshin Impact

Genshin Impact, yang berlatar di dunia Teyvat, menawarkan petualangan penuh aksi dan visual memanjakan mata. Dirilis pada 28 September 2020, pemain melakukan perjalanan bersama Paimon melintasi tujuh benua dan menguasai berbagai elemen untuk pertempuran.

9. Aether Gazer

Aether Gazer mengisahkan masa depan umat manusia yang mengunggah kesadarannya ke AI bernama Gaea. Namun, ada virus bernama Visbanes yang mengancam keinginan umat manusia tersebut.

10. Arknights

Arknights, dirilis pada 1 Mei 2019, mengajak pemain berperan sebagai anggota Rhodes Island, sebuah perusahaan farmasi yang memerangi infeksi mematikan. Game ini mengkombinasikan gaya anime dengan RPG dan elemen strategi, serta gacha yang ramah terhadap pemain free to play.

Berita Terkait