Internasional

Wakil Presiden AS Mendesak Lebih Banyak Bantuan untuk Warga Gaza yang Kelaparan

Wakil Presiden AS Mendesak Lebih Banyak Bantuan untuk Warga Gaza yang Kelaparan
Wakil Presiden AS Mendesak Lebih Banyak Bantuan untuk Warga Gaza yang Kelaparan (Image From: NPR)

PASUNDAN EKSPRES - Wakil Presiden AS mendesak lebih banyak bantuan untuk warga Gaza yang kelaparan. Wakil Presiden AS, Kamala Harris, mengatakan jika penduduk di Gaza menghadapi kondisi kelaparan yang mengkhawatirkan dan mengimbau Israel untuk meningkatkan bantuan secara signifikan ke wilayah Gaza.

Wakil Presiden AS Mendesak Lebih Banyak Bantuan 

Ia menyampaikan bahwa perlu adanya gencatan senjata segera setidaknya enam minggu ke depan, yang akan menghasilkan pembebasan para sandera yang ditahan oleh Israel

Israel tidak menghadiri pertemuan pembicaraan mengenai gencatan senjata di Mesir, dengan alasan bahwa Hamas belum memberikan daftar yang jelas mengenai para sandera yang masih hidup.

BACA JUGA:Gak Tanggung-tanggung! Pesta Pra Pernikahan Anak 'Crazy Rich' India Ini Undang Rihanna Hingga Bill Gates

BACA JUGA:Badai Salju di California Menutup Jalan Raya dan Mengancam Longsor Salju. Masyarakat Diminta Diam di Rumah

Hamas menyampaikan kepada BBC bahwa mereka tidak dapat melakukannya karena serangan udara yang dilancarkan oleh Israel.

"Secara praktis, sangat sulit untuk menentukan siapa yang masih hidup," ujar Dr. Basem Naim, seorang pejabat senior Hamas, dikutip BBC News, Senin (4/3/2024). 

Tekanan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata semakin meningkat setelah terjadi insiden pada hari Kamis di luar Kota Gaza, di wilayah utara kantong Palestina, tepatnya di Rafah di mana setidaknya 112 orang tewas ketika massa menyerbu sebuah konvoi bantuan dan pasukan Israel melepaskan tembakan.

Dalam sebuah acara di Alabama pada hari Minggu, (4/3/2024) Kamala Harris mengungkapkan keprihatinannya mengenai kondisi di Gaza.

Ia mengatakan jika situasi di Gaza sangat menyedihkan. Banyak anak-anak yang meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi. 

Dalam pernyataannya Wakil Presiden AS itu menekankan pentingnya rasa kemanusiaan yang mendorong kita untuk bertindak, dan ia secara tegas mengulangi komitmen Presiden Joe Biden dalam memberikan bantuan penyelamatan nyawa yang lebih banyak kepada warga Palestina yang tidak bersalah dan membutuhkan.

Pada hari Senin (4/3/2024), Kamala Harris dijadwalkan akan mengadakan pertemuan di Washington dengan Benny Gantz, seorang anggota kabinet pertahanan Israel yang memiliki pengaruh, guna membahas kemungkinan mencapai kesepakatan gencatan senjata dan meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza.

"Terdapat kesepakatan yang telah diajukan dan seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, Hamas perlu menyetujui kesepakatan tersebut.

Mari kita capai gencatan senjata. Mari kita memulihkan hubungan antara para sandera dan keluarga mereka, dan mari kita berikan bantuan segera kepada masyarakat Gaza," ucap Kamala Harris. 

(ipa)

Berita Terkait