Internet

Pesan Terbaru dari Brain Cipher?

Pesan Terbaru dari Brain Cipher?
Pesan Terbaru dari Brain Cipher?

PASUNDAN EKSPRES- Kelompok hacker Brain Cipher, telah menepati janjinya untuk memberikan kunci pembuka atau dekripsi data di Server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang terkunci akibat serangan ransomware Lockbit 3.0. Pada Rabu, 3 Juli 2024 malam.

Brain Chipter mengunggah pengumuman terbaru di laman mereka di Dark Web.

Dalam pengumuman yang diberi judul "Very Expensive Advertising" itu, mereka menyediakan kunci untuk membuka data PDNS yang terkunci.

Kunci dekripsi tersebut dicantumkan dalam bentuk file yang bisa diunduh secara gratis oleh siapapun. Ukuran file kunci dekripsi ini relatif kecil, hanya sekitar 50 KB.

Selain memberikan kunci dekripsi, Brain Cipher juga menyampaikan beberapa pesan, termasuk satu yang khusus ditujukan kepada pemerintah Indonesia.

Mereka meminta pemerintah untuk secara resmi mengkonfirmasi jika kunci dekripsi yang diberikan berfungsi.

Jika konfirmasi diterima, Brain Cipher berjanji untuk menghapus data yang dicuri secara permanen.

Namun, mereka mengancam akan mempublikasikan data PDNS yang diretas jika pemerintah atau pihak rekanannya mengklaim telah memulihkan data tanpa bantuan mereka.

“Ini dia isi lengkap pesan terbaru Brain Chipter di laman mereka yang diunggah pada Rabu, 3 Juli 2024,” demikian kutipan dari pengumuman tersebut.

Sebelumnya, PDNS yang merupakan bagian dari proyek Pusat Data Nasional, sempat terserang ransomware Lockbit 3.0 oleh Brain Cipher, yang menyebabkan gangguan di sejumlah layanan instansi pemerintah yang dikelolanya pada 20 Juni 2024 lalu.

Serangan ini membuat data-data di dalam PDNS terkunci, sementara pemerintah tidak bisa memulihkan data yang terenkripsi atau terkunci.

Namun, Brain Cipher beberapa waktu lalu berjanji untuk memberikan kunci dekripsi secara cuma-cuma alias gratis.

Langkah ini tentunya menjadi angin segar bagi pemerintah dan masyarakat yang terdampak oleh serangan ransomware ini.

Pihak pemerintah diharapkan segera memberikan konfirmasi mengenai fungsi kunci dekripsi ini agar data yang dicuri bisa dihapus permanen dan menghindari ancaman publikasi data oleh Brain Cipher.

Berita Terkait