Kesehatan

Wajib Tahu! Penyebab Perut Kembung yang Kadang Tidak Disadari

Wajib Tahu! Penyebab Perut Kembung yang Kadang Tidak Disadari
Wajib Tahu! Penyebab Perut Kembung yang Kadang Tidak Disadari (Image From: Pexels/Sora Shimazaki)

PASUNDAN EKSPRES - Penyebab perut kembung merupakan sebuah kondisi yang sering dialami oleh seseorang. Perut kembung memiliki sensasi rasa tertekan atau sensasi penuh pada perut.

Perut kembung adalah kondisi di saat perut mengalami sebuah penumpukan gas, sehingga penderita akan merasa tidak nyaman. Kembung dapat hilang dalam waktu singkat dan bisa terjadi secara berulang.

Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari masalah pencernaan hingga fluktuasi hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan siklus kembung berulang.a

Nah, buat kamu yang tengah merasakan perut kembung, kamu bisa mengetahui beberapa penyebab perut kembung. 

Penyebab Perut Kembung

Berikut adalah beberapa penyebab perut kembung yang bisa kamu ketahui. 

Gas Berlebihan

Penyebab perut kembung yang pertama adalah terdapatnya gas berlebihan pada perut. Adanya jumlah gas yang berlebihan dalam usus dapat mengganggu pencernaan.

Gas tersebut sebagian besar dihasilkan oleh bakteri yang mencerna karbohidrat melalui proses fermentasi. Penyebab tingginya produksi gas ini adalah adanya jumlah karbohidrat yang tidak diserap secara alami selama proses pencernaan.

Kebiasaan Makan

Penyebab selanjutnya dari perut kembung adalah kebiasaan makanan. Walaupun kedengarannya sangat sepele, tapi kebiasaan makan juga bisa menganggu pencernaan dalam perut.

BACA JUGA: Labu Kuning untuk Kesehatan dengan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA: Makanan yang Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Coba-coba Konsumsi Berlebihan

Salah satu contoh kebiasaan makan, misalnya makan terlalu cepat, sering mengonsumsi makanan berlemak, makan sembari berbicara, dan terlalu banyak makan dengan porsi yang berlebihan. 

Gangguan Kesehatan 

Penyebab perut kembung yang berikutnya adalah gangguan kesehatan. Perut kembung bisa terjadi pada gangguan kesehatan, seperti maag, yang bisa menimbulkan rasa mual, muntah, dan perut kembung.

Selain itu, adanya kekurangan enzim pencernaan, dan iritasi usus besar. Iritasi usus besar sendiri adalah salah satu kondisi yang dipicu oleh beberapa hal, misalnya alergi makanan, stres, atau infeksi bakteri. 

Isi Pencernaan 

Penyebab dari perut kembung adalah isi pencernaan. Isi dalam saluran pencernaan dapat terdiri dari padatan, cairan, dan gas.

Ketika otot-otot yang bertanggung jawab menggerakkan isi pencernaan mengalami gangguan, isi pencernaan dapat menumpuk dalam sistem pencernaan.

Penumpukan isi pencernaan di sepanjang saluran pencernaan dapat mengakibatkan ruang yang terbatas bagi jumlah gas yang normal dalam proses tubuh.

Nah, itulah mengenai beberapa penyebab perut kembung yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait