Kesehatan

10 Cara Obati Susah Buang Air Besar Alami, Dijamin Lancar di Pagi Hari

10 Cara Obati Susah Buang Air Besar Alami, Dijamin Lancar di Pagi Hari
Ilustrasi Susah Buang Air Besar Alami (dok.pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

PASUNDAN EKSPRES - Obati susah buang air besar secara alami terkadang banyak dibutuhkan oleh sebagian orang. Susah buang air besar, atau sembelit, merupakan masalah pencernaan yang umum terjadi. 

Sembelit diartikan sebagai kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, dengan feses yang keras dan kering, dan buang air besar terasa sulit dan menyakitkan.

Penyebab Susah Buang Air Besar 

Ada beberapa penyebab sembelit, seperti kurang minum air putih, kurang konsumsi serat, kurang berolahraga, kebiasaan menahan buang air besar, stres, dan efek samping obat-obatan.

Sebelum mencoba obat-obatan, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit. Berikut adalah beberapa cara alami untuk melancarkan buang air besar sebagai berikut. 

1. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih membantu melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat membantu menambah massa feses dan membuatnya lebih mudah bergerak melalui usus. Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga membantu meningkatkan pergerakan usus dan melancarkan pencernaan. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

4. Hindari Menahan Buang Air Besar

Saat merasa ingin buang air besar, jangan ditahan. Segera pergi ke toilet dan buang air besar.

5. Konsumsi Probiotik dan Prebiotik

Probiotik dan prebiotik membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus. 

Probiotik dapat ditemukan dalam yogurt, kimchi, dan tempe. Prebiotik dapat ditemukan dalam pisang, bawang putih, dan asparagus.

6. Minum Minuman Hangat

Minuman hangat seperti teh herbal atau air putih hangat dapat membantu merangsang pergerakan usus. 

Sebab air hangat dapat membantu konsentrasi tinja lebih lunak dan membantu pergerakan usus, sehingga kotoran mudah dikeluarkan. 

Maka dari itu, konsumsi air hangat dengan rutin membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

7. Lakukan Pijat Perut

Pijat perut dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit. Lakukan pijat perut dengan gerakan memutar searah jarum jam.

8. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang memiliki sifat seperti pencahar alami, bisa melancarkan BAB pada beberapa orang bila diminum dengan dosis kecil. Ini memungkinkan terjadinya diare jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Minyak zaitun dapat membantu melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Minumlah 1-2 sendok makan minyak zaitun per hari.

9. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu merilekskan otot-otot perut dan melancarkan pencernaan.

10. Gunakan Obat Pencahar Alami

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, dapat menggunakan obat pencahar alami seperti daun senna atau lidah buaya.

Jus lidah buaya mengandung senyawa bioaktif yang bertindak sebagai obat pencahar alami. 

Tak hanya bertindak sebagai pelumas usus saja, minuman pelancar BAB ini juga efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Penting untuk diingat bahwa jika sembelitmu tak kunjung  membaik setelah mencoba cara-cara di atas, atau jika mengalami gejala lain seperti demam, sakit perut yang parah, atau penurunan berat badan, maka harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Adapun beberapa tips tambahan untuk mencegah sembelit yaitu makan makanan yang sehat dan seimbang, hindari makanan olahan dan makanan cepat saji, hingga tidur yang cukup.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengikuti tips-tips di atas, kemungkuinan besar dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. 

(nym) 

Berita Terkait