Lifestyle

Hukum Sholat Terawih Saat Puasa Ramadhan, Ustadz Adi Hidayat Menjawab

terawih
Hukum Sholat Terawih Saat Puasa Ramadhan, Ustadz Adi Hidayat Menjawab (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Sholat terawih merupakan salah satu amalan yang hanya ada di Bulan Ramadhan, Namun apa Hukum Sholat Terawih? 

Dari berbagai sumber yang kamu dapatkan bahwa hukum sholat terawih saar puasa ramadhan adalah sunnah baik bagi laki-laki maupun perempuan. 

Bahkan hal tersebut dikatakan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam Akun Youtubenya. 

"Sunnah bagi laki-laki dan Perempuan," Ucapnya dalam unggahan salah satu channel YouTube. 

Bahkan sahabat Nabi Muhammad SAW juga telah meriwayatkan. 

"Dari Abi Hurairah Radiyallahu 'anh Rasululloh gemar menghidupkan bulan Ramadhan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau Berkata: 

"Barangsiapa yang melakukan ibadah (sholat tarawih) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharamkan ridha dari Allah, maka baginya di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat," (HR. Muslim). 

Jika hukum sholat terawih saat puasa Ramadhan itu sunnah, apa jika tidak melaksanakannya padahal sedang tidak berhalangan akan dosa? 

Melihat hal tersebut, serta jika melihat kepada hukum yang ditetapkan untuk sholat terawih adalah sunnah, maka jika kamu tidak mengerjakannya tidak akan mendapatkan dosa. Namun jika kamu mengerjakannya akan mendapatkan pahala. 

Meskipun begitu, sholat terawih merupakan salah satu ibadah yang hanya ada di Bulan Ramadhan, selain itu keutamaan sholat terawih ini juga sangat istimewa. 

Bahkan salah satu Hadits menjelaskan, unruk takut terhadap bulan Ramadhan. Hal tersebut dikarnakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia. 

Dengan banyak pahala yang akan kamu dapatkan hanya 1 tahun sekali. 

Jangan lupa untuk melaksanakan sholat terawaih baik itu berjamaah maupun munfarid (sendiri) dengan khusu. 

Terimakasih telah membaca! 

Berita Terkait