Lifestyle

5 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari yang telah Mengganggu Aktivitas

5 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari yang telah Mengganggu Aktivitas
5 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari yang telah Mengganggu Aktivitas (Image From: Pexels/George Milton)

PASUNDAN EKSPRES - Penyebab ngantuk di pagi hari yang membuat rasa ingin tidur menjadi tidak tertahankan. Siapa di sini yang seringkali mengantuk di pagi hari? Padahal pekerjaan sudah menumpuk di depan mata, tapi rasa kantuk menguasai lebih ekstra.

Lalu, malam juga tidur tidak terlalu larut, habis itu kenapa, ya diri seringkali merasa kantuk di pagi hari? Bahkan sampai mengganggu aktivitas yang direncanakan sebelumnya.

Well, sebenarnya banyak penyebab mengapa kamu seringkali merasa ngantuk, terutama di pagi hari. Misalnya bisa karena gangguan tidur, efek samping obat-obatan, konsumsi alkohol, sampai pengidap penyakit tertentu. 

Nah, buat kamu yang berniat mengatasi kantuk yang mengganggu di pagi hari, kamu bisa mengetahui penyebab ngantuk di pagi hari. 

Penyebab Ngantuk di Pagi Hari 

Berikut adalah penyebab ngantuk di pagi hari yang bisa kamu ketahui. 

Siklus Tidur Alami Tubuh

Penyebab ngantuk di pagi hari yang pertama adalah siklus tidur alami dalam tubuh. Terdapat dua periode di mana tubuh manusia cenderung merasa mengantuk secara alami, yaitu, larut malam, biasanya antara tengah malam hingga 7 pagi dan tengah hari, sekitar pukul 1 siang hingga 4 sore.

Jika seseorang terjaga selama jam-jam tersebut, maka risiko mengantuk saat beraktivitas di pagi hari akan meningkat, terutama jika waktu tidurnya kurang.

Hal ini terjadi karena tubuh manusia memiliki ritme sirkadian, yaitu suatu pola alami yang mengatur waktu tubuh merasa segar, mengantuk, dan tidur.

Periode larut malam dan tengah hari adalah saat di mana tubuh secara alami cenderung merasa mengantuk, sebagai bagian dari ritme sirkadian ini.

Konsumsi Kafein 

Penyebab berikutnya adalah konsumsi kafein. Kafein yang terkandung dalam berbagai minuman dan obat-obatan memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Namun, jika dikonsumsi sebelum tidur, efek peningkat kewaspadaan dari kafein dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.

BACA JUGA: Cara Membuat Roti dengan Gaya Baru | Lava Toast

BACA JUGA: Serbu Promo Merchandise Film "Despicable Me 4" di Bioskop XXI, Cinepolis, dan CGV Sekarang Juga!

Hal tersebut dikarenakan kafein masih tetap bekerja di dalam tubuh hingga sekitar 6 jam setelah dikonsumsi.

Efek stimulan kafein yang masih berlangsung dapat membuat seseorang sulit untuk jatuh tertidur dan mengganggu kualitas tidurnya.

Dehidrasi 

Penyebab ngantuk di pagi hari yang selanjutnya adalah seringnya merasa dehidrasi. Ketika seseorang kekurangan cairan, tubuhnya dapat menjadi lebih lelah dari biasanya dan kekurangan energi. 

Tubuh manusia membutuhkan cairan yang cukup untuk berfungsi dengan optimal. Kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lelah dan kehilangan energi.

Kondisi ini kemudian dapat mengakibatkan seseorang merasa mengantuk bahkan di pagi hari, saat seharusnya tubuh sudah terasa segar.

Gangguan Tidur 

Penyebab sering mengantuk di pagi hari yang lain adalah gangguan tidur. Berbagai macam gangguan tidur, seperti:

  • Insomnia - kesulitan memulai atau mempertahankan tidur
  • Hipersomnia - tidur berlebihan walaupun sudah cukup tidur
  • Sleep apnea - gangguan pernapasan saat tidur
  • Narkolepsi - mengantuk berlebihan dan tiba-tiba

Gangguan-gangguan tidur tersebut dapat menyebabkan seseorang tidak mendapatkan tidur yang nyenyak dan nyaman. Akibatnya, di pagi hari orang tersebut cenderung merasa mengantuk meskipun seharusnya sudah cukup istirahat.

Oleh karena itu, jika seseorang mengalami gangguan tidur, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat ditangani dengan tepat. 

Stres dan Depresi 

Stres dan depresi juga merupakan penyebab yang cukup sering mengakibatkan rasa mengantuk di pagi hari.

Permasalahan psikologis seperti stres dan depresi dapat membuat energi seseorang terkuras. Hal ini kemudian menyebabkan tidur yang kurang nyaman dan tidak berkualitas.

Stres dan depresi bahkan dapat mengakibatkan gangguan tidur seperti insomnia, yaitu kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur.

Dengan terkurasnya energi akibat masalah psikologis tersebut, serta kualitas tidur yang terganggu, maka di pagi hari orang tersebut cenderung merasa sangat mengantuk meskipun seharusnya sudah cukup istirahat.

Nah, itulah mengenai penyebab ngantuk di pagi hari yang harus kamu tahu. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua