Lifestyle

5 Cara Mengatasi Rasa Lelah yang Berlebihan, Dijamin Besoknya Semangat lagi!

5 Cara Mengatasi Rasa Lelah yang Berlebihan, Dijamin Besoknya Semangat lagi!
5 Cara Mengatasi Rasa Lelah yang Berlebihan, Dijamin Besoknya Semangat lagi! (Image From: Pexels/Andrea Piacquadio)

PASUNDAN EKSPRES - Cara mengatasi rasa lelah yang berlebihan ini adalah sesuatu yang harus kamu tahu. Apakah kamu termasuk orang yang gampang lelah? Apalagi ketika kepala sudah dilanda burnout yang parah.

Tidak bisa menyangkal, rasa lelah akan mendominasi seluruh diri. Tidak ada semangat untuk melakukan apa pun, selain berdiam diri di dalam rumah ataupun tidur. 

Rasa lelah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurang tidur, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Jika dibiarkan, rasa lelah ini dapat mengganggu produktivitas, konsentrasi, dan kesehatan mental kamu. Maka dari itu, sepertinya kamu harus segera mengatasinya agar tidak berlarut.

Simak beberapa cara mengatasi rasa lelah yang berlebihan yang bisa kamu coba. 

Cara Mengatasi Rasa Lelah yang Berlebihan

Berikut adalah beberapa cara mengatasi rasa lelah yang berlebihan. 

Tidur yang Cukup dan Berkualitas 

Hayo, siapa di sini yang sering banget bergadang? Jangan, ya, dek, ya. Kalau kamu merasa diri kamu lelah secara berlebihan, bisa jadi kamu kurang cukup tidur.

Menurut sebuah artikel dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, orang dewasa disarankan untuk tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam untuk mendukung kesehatan fisik dan mental.

Kamu juga bisa untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, seperti menjaga suhu ruangan yang sejuk dan gelap, serta membatasi penggunaan gadget sebelum tidur.

Dengan tidur yang cukup, tubuh akan memiliki waktu untuk memulihkan diri dan mengisi ulang energi.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Buat kamu yang dikit-dikit makan seblak, yang dikit-dikit minum es, dikit-dikit makan bakso, sepertinya kamu harus mulai mengurangi hal tersebut.

Konsumsi makanan bergizi itu penting untuk mengurangi rasa lelah yang berlebihan, lho.

BACA JUGA: Ciri-ciri Burnout yang Selalu Diabaikan, Kelelahan Terus-menerus

BACA JUGA: Dampak Stres Kerja bagi Karyawan yang Dapat Mengganggu Produktivitas

Makanan yang bergizi dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. 

Kamu harus terbiasa mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral.

Jangan lupa juga untuk konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian akan membantu menjaga stamina tubuh.

Jangan terlalu sering makanan olahan yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh karena dapat menyebabkan penurunan energi secara tiba-tiba.

Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Please, jangan minum yang aneh-aneh kalau kamu mau tetep sehat. Apalagi kalau kamu penggemar kopi dan alkohol, kamu harus terbiasa menguranginya mulai sekarang.

Dilansir dari Alodokter, meskipun kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, efeknya hanya sementara dan dapat menyebabkan rasa lelah yang lebih besar setelahnya, dikenal sebagai caffeine crash.

Selain itu, konsumsi kafein berlebihan dapat memicu gejala putus kafein, seperti kesulitan tidur, konsentrasi yang buruk, kecemasan, dan kelelahan. 

Sementara itu, alkohol dapat membantu kamu tertidur lebih cepat, dapat mengganggu fungsi otak, fungsi hati, dan kualitas tidur, sehingga menyebabkan pusing, sakit kepala, dan kurangnya energi di hari berikutnya. 

Kelola Stres 

Stres lagi stres lagi. Memang kalau sudah stres, semuanya jadi tidak berbenah, termasuk dengan rasa lelah yang berlebihan.

Stres bisa menjadi penyebab kenapa kamu merasa lelah secara berlebihan. Kalau pikiran dan emosi kamu tidak stabil, siap-siap lelah auto ngamuk dalam diri kamu.

Kamu perlu kelola stres dengan baik, agar dapat membantu mengurangi rasa lelah. Kamu bisa mencoba teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga.

Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk hobi dan bersosialisasi dengan teman untuk mengalihkan pikiran dari tekanan sehari-hari. Menurut Alodokter, kegiatan yang menyenangkan dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi stres.

Konsultasi dengan Profesional 

Kalau rasa lelah yang berlebihan tetap berlanjut meskipun telah mencoba berbagai cara, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Rasa lelah yang terus-menerus bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gangguan tidur atau masalah medis lainnya.

Dokter akan membantu mendiagnosis dan memberikan perawatan yang tepat untuk kamu. 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi rasa lelah berlebihan yang mengganggu aktivitas. Semoga membantu. 

(ipa) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua