Lifestyle

Ini Dia Niat dan Manfaat Puasa Nabi Idris yang Wajib Diketahui

Ini Dia Niat dan Manfaat Puasa Nabi Idris yang Wajib Diketahui
Ini Dia Niat dan Manfaat Puasa Nabi Idris yang Wajib Diketahui (Image From: Pexels/Thirdman)

PASUNDAN EKSPRES - Puasa adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Selain puasa Ramadan, terdapat berbagai jenis puasa sunnah yang dilakukan oleh Nabi-nabi dan umat Islam untuk mendapatkan keberkahan dan pahala. Salah satu nabi yang dikenal dengan amalan puasa adalah Nabi Idris. 

Berdasarkan berbagai riwayat, Nabi Idris dikenal sering berpuasa, baik dengan berpuasa sepanjang hari atau melakukannya selama tiga hari setiap bulan, yang disebut Ayyamul Bidh (puasa pada hari-hari putih, yaitu tanggal 13, 14, dan 15 dari setiap bulan Hijriyah).

Niat dan Manfaat Puasa Nabi Idris yang Wajib Diketahui 

Buat kamu yang berniat untuk melakukan puasa Nabi Idris, kamu bisa mengetahui niatnya terlebih dahulu. Niat puasa Nabi Idris tidak berbeda jauh dengan niat puasa pada umumnya, yaitu melakukannya karena Allah SWT.

Berikut adalah niat puasa Nabi Idris: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin sunnatan lillahi ta’ala.

Puasa Nabi Idris memiliki cara pelaksanaan yang mirip dengan puasa sunnah lainnya. 

Sementara itu, puasa Nabi Idris juga memiliki beberapa manfaat yang baik dari segi spiritual ataupun kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat puasa Nabi Idris:

Mendekatkan Diri kepada Allah: Puasa ini merupakan bentuk pengabdian dan ketaatan kepada Allah, yang dapat meningkatkan kedekatan dengan-Nya dan mendatangkan pahala yang besar.

BACA JUGA: Labubu Viral, Ini Alasan Semua Orang Pada Ngincer Mainan Ini!

BACA JUGA: Puasa Nabi Idris: Niat beserta Makna Amalannya

Meneladani Kesalehan Nabi Idris: Nabi Idris terkenal karena ketekunan dalam ibadahnya, kesabarannya, dan kebiasaannya berpuasa. Mengamalkan puasa seperti ini dapat memperkuat ketakwaan dan memperbaiki hubungan spiritual kita dengan Allah.

Menjaga Kadar Gula Darah: Puasa dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengirimkan sinyal kepada sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa dari darah, yang membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh: Puasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Nah, itulah mengenai niat dan manfaat puasa Nabi Idris. Semoga bermanfaat. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua