Lifestyle

Tanda-tanda Pasangan Manipulatif yang Merusak sebuah Hubungan yang Damai

Tanda-tanda Pasangan Manipulatif yang Merusak sebuah Hubungan yang Damai
Tanda-tanda Pasangan Manipulatif yang Merusak sebuah Hubungan yang Damai (Imge From: Pexels/RDNE Stock project)

PASUNDAN EKSPRES - Ciri-ciri pasangan manipulatif yang berakhir pada hubungan yang toxic. Mencintai seseorang terkadang menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Hidup dengan pasangan yang menjamin kebahagiaan kita, tak ayal membuat diri ini dimabuk rasa cinta yang menggebu, sampai terkadang kita melupakan dan mengabaikan hal-hal yang sebenarnya sangat dibutuhkan dalam menjalin hubungan.

Tentunya dalam menautkan hubungan dengan orang lain, bukanlah perkara mudah. Seringkali hubungan tidak sehat menjadi benang kusut yang sulit putus. Sayang, sih, tapi hubungan terasa semakin tidak membahagiakan. 

Nah, salah satu masalah dalam hubungan yang tidak sehat adalah keterlibatan salah satu pasangan yang bersifat manipulatif.

Manipulatif sendiri merupakan kata yang merujuk pada keinginan untuk mengendalikan atas orang lain.

Perilaku tersebut dilakukan untuk meyakinkan dirinya bahwa dia benar, sementara orang lain salah. Oleh karena itu, sifat ini seringkali menjadi penyebab terjadinya hubungan yang tidak sehat. 

Buat kamu yang tengah mengalami hal tersebut, kamu bisa mengetahui beberapa tanda kalau pasangan kamu ternyata punya perilaku manipulatif. Kira-kira apa saja, ya? 

Simak di bawah ini. 

Tanda-tanda Pasangan Manipulatif 

Berikut adalah beberapa tanda pasangan manipulatif yang wajib kamu ketahui. Penjelasan di sini dirangkum dari Instagram @psikologid, Jumat (31/5). 

Gaslighting 

Tanda-tanda pasangan manipulatif yang pertama adalah berperilaku gaslighting. Tindakan ini terjadi jika pasangan menyulut bahwa dia berbohong pada kamu, menyalahkan kamu atas berbagai hal, dan meminimalkan apa yang kamu rasakan.

Mereka yang berperilaku ini mungkin akan berkata, "kamu terlalu sensitif", atau "kamu berlebihan". Pada kondisi ini pasangan kamu akan berusaha membuat kamu merasa tidak layak untuk mengekspresikan diri. 

Perilaku Pasif-Agresif 

Tanda yang berikutnya adalah dengan berperilaku pasif-agresif, adanya kecenderungan untuk berperilaku secara tidak langsung dalam mengungkapkan perasaan.

Pasangan kamu mungkin akan menggunakan taktik penghindaran, seperti secara aktif menghindar kamu atau menghindari diskusi mengenai topik-topik tertentu.

Sering melakukan kebohongan dan menyalahkan 

Salah satu ciri orang yang manipulatif adalah kecenderungannya untuk menghindari tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Mereka biasanya tidak mau mengakui kesalahan atau konsekuensi dari perilaku mereka.

BACA JUGA: Kapan Pelaksanaan Wukuf di Arafah saat Ibadah Haji 2024? Cek Tanggalnya Disini!

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 31 Mei 2024, Taurus yang Sabar, Bersiaplah untuk Merasakan Kedamaian

Orang manipulatif sering kali secara terang-terangan berbohong atau melebih-lebihkan sesuatu agar dapat menggambarkan diri mereka dalam cahaya yang lebih positif. Mereka akan berusaha membuat kesan yang baik, meski harus menyembunyikan atau mendistorsi realitas yang sebenarnya.

Mengancam dan memaksa 

Tanda-tanda pasangan manipulatif yang berikutnya adalah berperilaku mengancam dan memaksa. Mereka mungkin akan menggunakan ancaman-ancaman untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kamu.

Misalnya, pasangan kamu mungkin akan mengancam akan meninggalkan kamu jika kamu tidak mau menuruti keinginan mereka. Bentuk ancaman lain yang sering terjadi adalah pernyataan bahwa mereka akan melukai diri mereka sendiri jika kamu tidak mengikuti apa yang mereka katakan.

Penarikan diri 

Orang yang berperilaku manipulatif cenderung menghindari komunikasi terbuka atau tidak memberikan kasih sayang sebagai 'hukuman' terhadap kamu.

Mereka akan menarik diri dan menjauh hingga kamu melakukan apa yang mereka inginkan atau mengakui kesalahan atas sesuatu yang sebenarnya bukan kesalahan kamu. Taktik ini digunakan untuk membuat kamu merasa bersalah dan berusaha untuk memperbaiki situasi.

Nah, itulah mengenai beberapa tanda pasangan manipulatif yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait