Lifestyle

4 Cara Menciptakan Kebahagiaan menurut Psikologi yang Bisa bikin Hidup Kamu Lebih Tenang, Cobain!

4 Cara Menciptakan Kebahagiaan menurut Psikologi yang Bisa bikin Hidup Kamu Lebih Tenang, Cobain!
4 Cara Menciptakan Kebahagiaan menurut Psikologi yang Bisa bikin Hidup Kamu Lebih Tenang, Cobain! (Image From: Pexels/Julia Avamotive)

PASUNDAN EKSPRES - Cara menciptakan kebahagiaan menurut psikologi ini bakalan sangat membantu kamu. Bahagia merupakan perasaan yang tampaknya ingin dimiliki oleh seluruh manusia di muka bumi ini.

Tersenyum hangat, rasa tenang, pikiran cerah adalah secuil ungkapan bahagia yang diinginkan oleh seluruh makhluk hidup. Sebenarnya apa itu bahagia?

Dilansir dari Wikipedia, kebahagiaan merupakan suatu  keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kepuasan.

Sementara itu, menurut pandangan psikolog kebahagiaan adalah suatu cara hidup yang dapat membuat individu memenuhi segala potensinya dan mampu bergerak ke arah kehidupan manusia yang baik. 

Nah, mengenai kebahagiaan, agaknya memang tidak mudah menemukan kebahagiaan yang tepat.

Namun, tidak ada salahnya mencoba. Di sini kamu bakal menemukan beragam cara menciptakan kebahagiaan menurut psikologi. Wah, kira-kira apa saja, ya? Yuk, kita cari tahu. 

Cara Menciptakan Kebahagiaan menurut Psikologi 

Berikut adalah beberapa cara menciptakan kebahagiaan menurut psikologi yang dilansir dari Instagram @psikologid, Jumat (7/6). 

Domapin : Self Respect 

Cara menciptakan kebahagiaan menurut psikologi yang pertama salah dengan menghargai diri sendiri.

Kamu bisa menciptakan kebahagiaan dengan cara sederhana, seperti mencoba untuk mulai memuji diri kamu sendiri dan mengapresiasi setiap pencapaian yang telah kamu lakukan.

Kamu juga bisa makan makanan yang kamu sukai, belanja, memberikan hadiah untuk diri sendiri, dan merawat diri seperti melakukan spa atau pijat relaksasi. 

Oxytocin : Connection 

Cara selanjutnya adalah Connection atau terhubung dengan orang yang dekat. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk menciptakan kebahagiaan.

Kamu bisa bercerita, menyampaikan perasaan pada orang lain, membantu orang lain, menghabiskan waktu bersama, atau bahkan kamu bisa memeluk atau merawat orang lain yang kamu percayai.

Endorphin : Pain Management 

Cara menciptakan kebahagiaan menurut psikologi berikutnya adalah dengan pain management atau belajar menguatkan diri.

BACA JUGA: Mengenal Miqat dalam Ibadah Haji: Pengertian, Macam-macam dan Tempatnya

BACA JUGA: Resep Olahan Daging Kurban Mantap yang Menggugah Selera!

Cara ini ampuh untuk kamu yang pengen bahagia. Kamu bisa melakukan olahraga rutin, menonton film, mendengarkan musik yang kamu sukai, belajar skill baru, tertawa melalui film komedi ataupun nonton film horor. 

Serotonin : Mood Management 

Cara menciptakan kebahagiaan yang bisa kamu coba adalah dengan mood management atau mengelola perasaan dan emosi kamu. Kamu bisa menulis jurnal untuk hal hal apa yang akan kamu lakukan atau telah kamu lakukan.

Kamu juga bisa melakukan ibadah atau meditasi untuk ketenangan jiwa kamu. Kamu bisa berjalan jalan untuk melihat alam terbuka. Kamu juga bisa merenung, merelaksasikan diri dengan tenang. Terakhir, kamu bisa menikmati cahaya matahari untuk menemukan kebahagiaan. 

Nah, itulah mengenai beberapa cara menemukan kebahagiaan menurut psikologi. Semoga bermanfaat. 

(ipa)

Berita Terkait