Lifestyle

Ciri-ciri Kucing Mau Mati yang Wajib Diketahui oleh Para Babu

Ciri-ciri Kucing Mau Mati yang Wajib Diketahui oleh Para Babu
Ciri-ciri Kucing Mau Mati yang Wajib Diketahui oleh Para Babu (Image From: Pexels/FOX)

PASUNDAN EKSPRES - Ciri-ciri kucing mau mati ini seringkali diabaikan oleh sang pemilik. Siapa yang tidak tahu kucing, hewan yang lucu nan imut ini seringkali dipelihara, dan bahkan dianggap seperti keluarga.

Terkadang karena terlalu dekat, kematiannya sering menjadi satu hal yang paling menyedihkan bagi mereka yang telah merawatnya sepenuh hati. 

Pada umumnya, seekor kucing dapat hidup selama 13-17 tahun. Namun, angka harapan hidup tersebut tidak bersifat mutlak atau pasti.

Ada kucing yang meninggal dunia karena penyakit yang telah diketahui. Namun, tidak sedikit pula kucing yang meninggal secara mendadak, tanpa menunjukkan gejala atau tanda-tanda apa pun sebelumnya.

Oleh karena itu, di sini terdapat beberapa ciri-ciri kucing mau mati yang bisa kamu perhatikan. Simak penjelasan singkatnya. 

Ciri-ciri Kucing Mau Mati 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri kucing mau mati yang wajib diketahui oleh para babu. 

Menurunnya suhu tubuh 

Ciri-ciri kucing mau mati yang pertama adalah menurunnya suhu tubuh. Kucing yang sehat biasanya memiliki suhu tubuh di kisaran 37-38 derajat Celsius.

Ketika jantung kucing mulai melemah, organ-organ tubuhnya akan mulai mengalami kerusakan karena tidak mendapatkan suplai darah yang memadai.

Selain itu, aliran darah menuju bagian tubuh paling ujung kucing juga mulai menurun. Kondisi ini menyebabkan suhu tubuh kucing mengalami penurunan saat kondisinya semakin memburuk dan menjelang kematiannya.

Sering bersembunyi 

Perilaku bersembunyi bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang mendekati kematiannya. Umumnya, kucing yang cenderung bersembunyi biasanya memiliki gejala penyakit yang cukup sulit untuk dideteksi.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Makanan Kucing yang Kaya Nutrisi, Majikan auto Sehat dan Bahagia

BACA JUGA: Apa Itu Khodam? Istilah yang Viral di Tiktok dan Kerap Jadi FYP

Meskipun demikian, bersembunyi memang merupakan perilaku umum yang akan dilakukan oleh semua kucing.

Namun, jika kucing terus-menerus bersembunyi, bahkan di tempat-tempat yang biasanya jarang ia kunjungi, maka hal tersebut dapat menjadi tanda-tanda yang perlu diperhatikan.

Respon yang buruk

Ciri-ciri kucing mau mati berikutnya adalah adanya respon yang buruk. Umumnya, jika hewan sedang sakit, mereka akan memberikan respons yang positif terhadap pengobatan yang diberikan.

Namun, jika kucing kamu menunjukkan tanda-tanda akan segera meninggal, maka ia kemungkinan besar tidak akan memberikan respons yang baik terhadap obat-obatan yang dikonsumsinya. Apalagi jika dosis obatnya sudah sangat tinggi. 

Tidak nafsu makan 

Hilangnya nafsu makan merupakan salah satu tanda umum pada hewan, termasuk kucing, yang menandakan bahwa mereka akan segera mati. Tanda ini biasanya juga disertai dengan penurunan berat badan yang drastis.

Hal ini terjadi karena tubuh mereka secara naluriah mengetahui bahwa tidak ada lagi cukup energi untuk memproses makanan dengan baik.

Perubahan pola pernapasan 

Kucing yang sehat biasanya bernapas 20-30 kali per menit melalui hidung tanpa menimbulkan suara.

Namun, jika kucing menunjukkan pernapasan yang berat, pendek, bersuara, dengan mulut terbuka, serta laju pernapasan yang lebih cepat, hal ini dapat menjadi indikasi bahwa kondisi kucing sedang tidak dalam keadaan baik.

Itulah mengenai beberapa ciri-ciri kucing mau mati yang wajib diketahui oleh pemilik. 

(ipa)

Berita Terkait