Nasional

Begini Cara Cek Status Penerima Bansos BPNT Periode September - Oktober 2024

Begini Cara Cek Status Penerima Bansos BPNT Periode September - Oktober 2024
Cara Cek Status Penerima Bansos BPNT Periode September - Oktober 2024 (Foto: Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Simak selengkapnya informasi mengenai cara mengecek status penerima Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) periode September - Oktober 2024.

Pemerintah Indonesia terus melanjutkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebagai upaya untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

Dilansir dari laman OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BPNT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan.

Adapun bantuan sosial non tunai ini diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar. 

BACA JUGA:Begini Cara Cek Bansos PIP yang Wajib Banget Kamu Tahu

Program ini juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk menjangkau layanan keuangan formal di perbankan, sehingga mempercepat program keuangan inklusif.

Menjelang akhir September dan awal Oktober 2024, banyak KPM yang bertanya-tanya kapan jadwal pencairan bansos BPNT periode September - Oktober 2024.

Diketahui, bansos BPNT tahap 5 ini mencakup periode bulan September - Oktober 2024 dengan total bantuan sebesar Rp 400.000 untuk dua bulan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bansos BPNT tahap 5 baru akan dicairkan secara serentak pada bulan November 2024.

BACA JUGA:Cara Mudah Daftar Bansos 2024 Lewat HP Terbaru

Hal ini berarti pencairan bansos BPNT akan cair sebesar Rp 600.000 untuk tiga bulan sekaligus yakni September, Oktober, dan November.

Bagi KPM yang belum menerima bantuan pada bulan September 2024, diharap untuk bersabar karena pencairan masih kemungkinan terjadi hingga tahap akhir di Oktober 2024.

Untuk memudahkan KPM dalam memverifikasi status penerimaan bansos BPNT tahap 5, pemerintah menyediakan layanan pengecekan online melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Layanan cek penerima BPNT ini disediakan oleh Kemensos untuk meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi bantuan sosial.

BACA JUGA:Cek Sekarang Dana Bantuan PIP 2024, Jangan Sampai Ketinggalan!

Berikut cara mengecek status penerima Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) periode September - Oktober 2024.

Cara Cek Status Penerima Bansos BPNT

1. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id
2. Masukkan data wilayah penerima manfaat (PM) yang terdiri dari Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Desa tempat penerima tinggal.
3. Isi nama lengkap penerima manfaat sesuai dengan KTP
4. Masukkan huruf kode yang muncul di layar
5. Klik "Cari Data".

Bagi masyarakat yang memiliki pertanyaan atau keluhan terkait penyaluran BPNT, dapat menghubungi layanan pengaduan resmi Kementerian Sosial atau pemerintah daerah setempat.

Demikian informasi mengenai cara mengecek status penerima Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) periode September - Oktober 2024. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua