Nasional

Seberapa Parah Indonesia Gara-Gara Korupsi?

Seberapa Parah Indonesia Gara-Gara Korupsi?
Seberapa Parah Indonesia Gara-Gara Korupsi?

PASUNDAN EKSPRES- Pernah nggak sih, ngebayangin kalau negara kayak Indonesia itu kayak mahasiswa yang IPK-nya jeblok gara-gara kebanyakan skip kelas?

Nah, kayak gitu juga keadaan Indonesia saat ini. Nilai-nilai negara kita, kalau diumpamain, sering banget dapet "D" gara-gara satu hal korupsi.

Parahnya lagi, di Pemilu masih ada aja mantan koruptor yang boleh maju lagi jadi calon. Kok bisa ya?

Indonesia emang nggak bobrok-bobrok banget, sih. Tapi, prestasi kita juga gak patut dibanggain, karena Indonesia sekarang masuk ranking tiga negara terkorup se-ASEAN, atau sekitar peringkat 90 se-dunia.

Triliunan rupiah tiap tahun ngilang cuma gara-gara korupsi. Kebayang nggak sih, duit segitu bisa banget buat sekolahin puluhan ribu anak dari SD sampai kuliah.

Tapi, karena korupsi, uang sebanyak itu raib tanpa bekas. Jadi, apa dampak korupsi ke ekonomi kita? Lihat aja Brasil.

Negara itu pernah mengalami krisis gede karena kasus korupsi terbesar sepanjang sejarahnya.

Akibatnya, 13.000 orang kena PHK dan ekonomi mereka ancur sampai ngerembet ke tujuh negara tetangganya.

Nggak cuma Brasil, negara-negara lain yang budaya korupsinya parah juga ngalamin hal serupa, bikin ekonomi mereka mandek dan rakyatnya yang jadi korban.

Terus, gimana caranya kita bisa ngatasin korupsi? Ya, nggak bisa cuma dengan nangkep “tikus-tikus” di gedung pemerintahan, dong.

Kita bisa belajar dari negara kayak Singapura atau Finlandia. Mereka nanemin nilai kejujuran sejak dini lewat pendidikan.

Atau lihat Hong Kong, yang ngajarin warganya buat "nyium bau" korupsi dan berani lapor. Ini langkah kecil yang bisa kita tiru buat lawan korupsi di Indonesia.

Kalau korupsi bisa ditekan, kita nggak cuma bakal bisa bangun sekolah dan internet di pelosok, tapi juga nyelametin orang yang sakit gara-gara nggak bisa bayar perawatan.

Infrastruktur nggak cuma di Jakarta, tapi sampai Papua bisa kita bangun. Jadi, daripada sibuk saling nyalahin, mending kita fokus cari solusi buat beresin masalah korupsi ini.

Bayangin aja, kalau Indonesia bisa bebas korupsi, mungkin semua orang di dunia bakal pengen pindah ke sini.

Jadi, yuk, mulai sekarang, kita bareng-bareng angkat senjata lawan musuh yang tak terlihat ini korupsi. Karena masa depan Indonesia lagi taruhan!

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua