Nasional

Sejarah Bhayangkara: Kisah Pasukan Elit yang Dipimpin Gajah Mada

Sejarah Bhayangkara: Kisah Pasukan Elit yang Dipimpin Gajah Mada
Sejarah Bhayangkara: Kisah Pasukan Elit yang Dipimpin Gajah Mada (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Setiap tanggal 1 Juli resmi diperingati sebagai Hari Bhayangkara atau dikenal dengan Hari Lahir Kepolisian Nasional Indoensia, apakah kamu sudah tahu Sejarah Bhayangkara? Jika belum simak artikel ini. 

Namun artikel ini tidak akan memberikan sejarah lengkap dari Bhayangkara, melainkan sejarah singkat setelah Indonesia Merdeka. 

Berikut Sejarah Bhayangkara yang akan memperingati HUT ke-78 pada 1 Juni 2024 mendatang.

Namun sebelum kami membahas tentang sejarah Bhayangkara, apakah kamu tahu istilah dari Bhayangkara itu sendiri? 

Istilah Bhayangkara diambil dari nama pasukan elit pada masa kerajaan Majapahit. Pasukan Bhayangkara terdiri atas 15 pengawal raja yang saat itu adalah Jayanegara dan dipimpin oleh Gajah Mada.

Sejarah Singkat Bhayangkara 

Pada 1 Juli 1946 diputuskan korps kepolisian yang berada di daerah-daerah menjadi satu kesatuan secara nasional di bawah pemerintahan Republik Indonesia.

Adapun dipilih nama Bhayangkara karena diambil dari stilah yang digunakan Patih Gajah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan yang ditugaskan menjaga raja dan kerajaan.

Hari Kepolisian harus diperingati dengan upacara setiap 1 Juli di masing-masing kantor Polisi pada wilayah Kota/Kabupaten maupun Provinsi.

Pelaksanaan peringatan Hari Kepolisian Negara diatur menurut Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara 30 Juni 1959 Nomor Pol:3/4/Sek.

Itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai sejarah Bhayangkara yang akan merayakan HUT ke 78 pada 1 Juni 2024. 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua