Nasional

Dewan Masjid Indonesia Subang dan Klinik PKU Muhammadiyah A. Syaefullah ZM Jalin Kerja Sama Program Masjid Sehat

Dewan Masjid Indonesia Subang dan Klinik PKU Muhammadiyah A. Syaefullah ZM Jalin Kerja Sama Program Masjid Sehat
Dewan Masjid Indonesia Subang dan Klinik PKU Muhammadiyah A. Syaefullah ZM Jalin Kerja Sama Program Masjid Sehat.

SUBANG-Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Subang menjalin kerjasama dengan Klinik PKU Muhammadiyah A. Syaefullah ZM yang berlokasi di Jl. D. Kartawigenda 27 (kompleks Perguruan Muhammadiyah) Kelurahan Cigadung Subang.

Kerjasama ini bertujuan untuk mewujudkan program unggulan DMI, yakni Masjid Sehat. Pembahasan kerjasama antara Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Subang yang dipimpin oleh Ketua DMI, Dr. Dede R. Misbahul Alam, M.Pd., didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Ust. Ir. Hartoni, Wakil Ketua H. Solihin, dan Aziz Muslim, digelar pada Selasa, 2 April 2024, bertepatan dengan tanggal 22 Ramadhan 1445 H, di Klinik PKU Muhammadiyah.

Dalam rapat tersebut, Dr. Dede R. Misbahul Alam, M.Pd. menyampaikan tujuan kerjasama ini adalah untuk menciptakan masyarakat masjid atau jamaah yang sehat secara fisik dan spiritual.

Dia mengatakan, masjid secara spiritual aktif memberikan nutrisi siraman rohani kepada jamaah melalui kegiatan ibadah seperti sholat berjamaah, do'a, taklim, kajian, ceramah agama, bahkan tabligh akbar.

Secara fisik, DMI menginginkan agar masyarakat dan jamaah masjidnya sehat agar ibadah dan aktivitas sehari-hari dapat dilaksanakan dengan lancar dan khusyuk.

Oleh karena itu, kerjasama antara DMI dengan Klinik PKU Muhammadiyah ini merupakan komitmen bersama untuk memberikan layanan kesehatan awal yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat atau jamaah masjid.

"Bahkan, kami menyediakan layanan khitanan gratis bagi keluarga yang kurang mampu. Yang terpenting, kami tidak ingin ada jamaah masjid di lingkungan kami yang tidak dapat berobat karena masalah biaya," ungkapnya.

Sementara itu, direktur Klinik PKU Muhammadiyah, Apt. Ramna Ningsih, S.Si., C.Herb., M.Farm., menambahkan bahwa kerjasama ini sejalan dengan misi sosial Persyarikatan Muhammadiyah.

Selain pemeriksaan kesehatan awal, Klinik PKU Muhammadiyah juga menyediakan Pelayanan Informasi Obat (PIO) baik medis maupun herbal, serta penanganan stunting bagi keluarga jamaah di lingkungan masjid binaan DMI.

Klinik ini juga menyediakan layanan seperti bekam, akupresur, totok wajah, program ibu hamil, dan lainnya.(rls) 

Tag :

Berita Terkait