Nasional

Dialog Gibran Bersama Raja Adat Maluku, Singgung IKN Sebagai Pemerataan

Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakbuming Raka menjanjikan pemerataan jika ia menang nanti. hal tersebut dikatakan oleh Gibran di depan raja-raja Maluku saat ia kampanye di Ambon. (Dok istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakbuming Raka menjanjikan pemerataan jika ia menang nanti. hal tersebut dikatakan oleh Gibran di depan raja-raja Maluku saat ia kampanye di Ambon, Maluku. Senin (8/1/2024).

Gibran juga mengatakan pembangunan dan pemerataan ekonomi tek boleh hanya berlangsung di Jawa saja, dan saat ini pemerataan tersebut telah dimulai. Gibran mengambil contoh Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai contoh pemerataan pembangunan. 

"Jadi kita ingin ada titik pertumbuhan ekonomi baru, tidak hanya di Jawa," ujarnya.

“Saat debat yang lalu saya katakan investasi yang ada di luar Pulau Jawa sudah di angka 53%. Jadi sudah mulai ada pemerataan. Sekarang (juga) ada IKN, IKN simbol pemerataan pembangunan. Kita pengen nanti yang ada di Maluku ini tersentuh," jelasnya. 

BACA JUGA:Raffi Ahmad Dampingi Gibran Saat kampanye di Maluku

Gibran menyebut Maluku mempunyai banyak potensi mulai dari pariwisata, kelautan serta hasil bumi. Khusus untuk kelautan ia akan melakukan hilirisasi perikanan. 

“Kita tidak mau lagi mengirim barang mentah. Kita pengen ada pabrik pengalengan. Cold Storage, gede, bisa menyimpan produk-produk dalam jangka waktu lama. Dan nati ]turunan dari produk-produk ikan akan menyelesaikan masalah di sektor lain," ungkapnya.

Dalam dialog tersebut salah satu raja bertanya mengenai hukum adat. 

“Kita sedang siapkan beberapa solusi, termasuk masalah sertifikasi, redistribusi kepemilikan tanah. Lalu bagaimana nanti kita menyelesaikan masalah mafia tanah," tandas Gibran.

Berita Terkait