News

Siap-siap Buat Ibu-ibu! Harga Minyakita Bakal Naik Rp 1.000 per Liter

Siap-siap Buat Ibu-ibu! Harga Minyakita Bakal Naik Rp 1.000 per Liter
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengusulkan minyak goreng kemasan Minyakita bakal naik Rp 1.000 per liter. (Foto: Biro Humas Kemendag)

PASUNDAN EKSPRES - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengusulkan minyak goreng kemasan Minyakita bakal naik Rp 1.000 per liter.

Diketahui, harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng Minyakita saat ini berada di angka Rp 14.000 per liter dan direncanakan bakal naik Rp 1000 sehingga menjadi Rp 15.000 per liter.

Zulkifli Hasan atau Zulhas sebelumnya memang pernah menyebut bahwa pemerintah berencana menaikkan HET Minyakita setelah Pemilu 2024, namun hal itu tidak dilakukan.

"Saya mengusulkan naiknya Rp1.000. Tapi sedang kami diskusikan terkait kenaikan tersebut" ucap Mendag Zulkifli Hasan, dikutip dari ANTARA, Rabu (8/5).

Adapun alasan rencana kenaikan Minyakita, kata Zulhas, untuk biaya pengemasan (packaging) Minyakita.

Kendati demikian, rencana penyesuaian HET Minyakita masih dalam tahap diskusi dan pihaknya terus melakukan pembahasan terkait rencana kenaikan harga minyak goreng kemasan itu.

"Jadi kemungkinan akan menjadi Rp15 ribu. Tapi sekali lagi itu akan kita bicarakan ya," ungkapnya.

Minyakita merupakan produk minyak goreng kemasan yang diluncurkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Juli 2022.

Produk Minyakita diluncurkan untuk mengatasi permasalahan seputar harga minyak yang tiba-tiba melambung tinggi dan kelangkaan minyak goreng saat itu dengan mengklaim sebagai 'minyak goreng murah'.

MinyaKita juga diklaim sebagai inovasi atau terobosan Kemendag sebagai salah satu upaya agar minyak goreng terdistribusi dengan murah dan aman, yang sesuai dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Minyakita juga sempat mengalami kelangkaan di pasar pada awal tahun 2023.

Saat ini, minyak goreng kemasan tersebut sudah tersedia di pasar dengan harga jual di atas Rp 14.000 per liter.

Meski harga Minyakita beragam di sejumlah pasar, menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim, hal itu masih ditolerir mengingat rata-rata harga jual Minyakita di angka Rp 15.000.

"Kalau di atas HET bukan enggak apa-apa, tapi masih ditolerir sepanjang tidak terlalu tinggi," ujarnya. (inm)

Berita Terkait