News

Tim Cook Kunjungi Indonesia Saat Penjualan iPhone Lesu, Investasi Apple Dibahas dengan Presiden Jokowi

Tim Cook Bertemu Presiden Jokowi pagi tadi
Tim Cook Bertemu Presiden Jokowi pagi tadi (17/04/2024). (screenshot Instagram @jokowi)

PASUNDAN EKSPRES - Pendiri dan Pemimpin Tertinggi Apple, Tim Cook, tengah melanjutkan perjalanannya ke sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia, di tengah periode penjualan iPhone yang lesu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari IDC, terlihat penjualan iPhone merosot hingga 10% pada kuartal terakhir, setelah sebelumnya berhasil mendominasi pangsa pasar ponsel global pada bulan Desember 2023. Saat ini, posisinya digeser oleh Samsung yang berhasil menempati puncak daftar penjualan.

Pada kuartal terakhir, Apple berhasil mengirimkan sebanyak 50,1 juta unit iPhone, mengalami penurunan dari angka 55,4 juta unit pada periode yang sama tahun sebelumnya. Akibat dari penurunan ini, pangsa pasar Apple kembali turun ke peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 17,3%.

Di sisi lain, Samsung berhasil kembali menempati posisi puncak dengan menguasai 20,8% pangsa pasar. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengirimkan lebih dari 60 juta unit ponsel dalam tiga bulan pertama tahun 2024.

Penurunan signifikan dalam penjualan iPhone secara global terutama disebabkan oleh penurunan penjualan di China. Penjualan di pasar China terpengaruh oleh sentimen nasionalisme, kondisi ekonomi yang sulit, serta persaingan yang semakin ketat dari berbagai merek ponsel lainnya.

Meskipun pada tahun 2023, Apple berhasil mencatatkan rekor pangsa pasar tertinggi di China sebesar 17,3%, namun penjualan iPhone di China mengalami penurunan sebesar 24% dalam enam minggu pertama tahun 2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Mungkin sebagai respons atas penurunan ini, Cook memutuskan untuk melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa negara, termasuk China, yang berbarengan dengan pembukaan Apple Store terbesar kedua di dunia di Shanghai, yang hanya kalah dari Apple Store di Fifth Avenue, New York, AS.

"Dalam bahasa Mandarin, 'Nonghao Shanghai!'," tulis Cook di akun Weibo-nya, yang dalam bahasa Indonesia berarti menyapa warga Shanghai. Apple kini memiliki delapan Apple Store di Shanghai, jumlah terbanyak di antara kota-kota lain di berbagai negara. Secara keseluruhan, Apple memiliki 47 Apple Store yang tersebar di 24 kota di China.

Setelah kunjungannya ke China, Cook melanjutkan perjalanan ke Vietnam, yang nantinya akan menjadi salah satu pusat produksi produk Apple. Dan sekarang, Cook berada di Indonesia. Pada malam hari tanggal 16 April, Cook membagikan foto bersama kreator konten Sofyan Pratama saat sedang menikmati sate ayam di kawasan Menteng, Jakarta.

"Halo Indonesia, apa kabar? Menikmati sate ayam bersama fotografer iPhone Sofyan Pratama adalah cara yang sempurna untuk memulai waktu saya di Jakarta! Saya sangat berharap bisa bertemu lebih banyak lagi dengan komunitas kreatif dan pengembang Indonesia selama saya berada di sini!" cuit Tim Cook di akun X.com, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Selama kunjungannya di Indonesia, Tim Cook dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Rabu (17/4) mulai pukul 09.30 WIB. Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut akan membahas investasi Apple di Indonesia. Hingga saat ini, Cook masih terlibat dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi.

Berita Terkait