News

Kakang Prabu Jadi Dewan Kehormatan LSM GMBI

LSM GMBI
DEWAN KEHORMATAN. Kakang Prabu resmi diangkat dan ditetapkan sebagai Dewan Kehormatan LSM GMBI. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES

PURWAKARTA-Tokoh dan Budayawan Sunda Rd. Ramlan Samsuri, S.E.,CLA., atau yang akrab disapa Kakang Prabu resmi diangkat dan ditetapkan sebagai Dewan Kehormatan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

Pengangkatan Kakang Prabu yang juga Dinasti Kaluhuran Galuh Pakuan  Padjadjaran (KGPP) tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan pendiri sekaligus Ketua Umum LSM GMBI Moh. Fauzan Rachman, S.E. pada Rabu, 17 Juli 2024.

"Silaturahmi antara LSM GMBI dan Kakang Prabu yang telah terjalin lama, kini menjadi ikatan resmi dalam wadah kelembagaan selaku dewan kehormatan," kata Fauzan melalui rilisnya, Kamis (18/7).

Disebutkan Fauzan, Kakang Prabu adalah sosok yang inspiratif dan inovatif serta berpihak pada kepentingan masyarakat bawah, utamanya para petani. Yakni, melalui karya nyata pelaksanaan program Siliwangi Tadabur Alam Bumi Nusantara.

"Kiprahnya itu senada dengan visi misi transformasi LSM GMBI dalam rangka bela negara pada 2021, yang telah menetapkan program bela alam sebagai salah satu wujud bela negara," ujarnya. 

Dijelaskan Fauzan, LSM GMBI telah berkomitmen mendukung penuh pencanangan program pemerintah tentang ketahanan pangan. GMBI juga siap untuk turut berperan aktif terkait pelaksanaan kegiatannya.

"Dengan adanya kolaborasi ini menjadi optimis dapat lebih terstruktur, sistematis dan masif, dikaitkan dengan produk hasil karya inovasi Kakang Prabu di Siliwangi Tadabur Alam Bumi Nusantara," ucapnya.

Hal ini juga, kata dia, selaras dengan komitmen Rakernas ke-22 Tahun 2024, bahwa seluruh sekretariat LSM GMBI di mana pun berada adalah sebagai Posko Ideologi Pancasila. Maka, mengisinya dengan kegiatan bela alam nusantara dalam rangka menanamkan jiwa cinta tanah air sebagai ruh bela negara. 

"Seluruh struktural inti se-Indonesia, kader, anggota dan keluarga besar LSM GMBI menyambut baik dan berbangga atas hadirnya Kakang Prabu mengisi posisi Dewan Kehormatan LSM GMBI," kata dia.

Dirinya pun berpesan kepada seluruh jajaran LSM GMBI, dengan kehadiran Dewan Kehormatan agar bersama-sama bekerja keras sehingga GMBI menjadi lembaga panutan yang  memberikan contoh terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Saya titip kepada seluruh jajaran di seluruh Indonesia, baik itu keluarga besar GMBI yang lama atau pun baru, selalu memberikan contoh terbaik kepada seluruh masyarakat untuk kepentingan bangsa dan negara. Buktikan bahwa kita mampu melakukan segala hal demi kepentingan juga kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, setelah resmi diangkat sebagai Dewan Kehormatan LSM GMBI, dalam pidatonya di hadapan jajaran DPP LSM GMBI dan para tamu undangan, Kakang Prabu menyampaikan ucapan terima kasihnya.

“Saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada pendiri sekaligus ketua umum beserta jajaran DPP LSM GMBI, Sekjen A Rahmat BA serta Ketua Komite Penyelenggara Organisasi (KPO) atas pengangkatan dewan kehormatan ini," ucapnya.

Kakang Prabu mengungkapkan, sejak tiga tahun lalu dirinya telah saling membantu, baik itu dengan LSM GMBI maupun LSM lainnya. 

"Kehadiran saya di LSM GMBI ini tidak lain tidak bukan untuk menambah frekuensi positif. Mari kita buktikan kepada bangsa ini bahwa kita mampu melakukan apapun demi kepentingan maupun kemajuan bangsa dan negara yang merupakan wujud nyata bela negara di Bumi Nusantara yang kita cintai ini," katanya.(add)

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua