News

KA'BAH Resmi ditutup Total, Semua Jamaah Tidak Bisa Nyentuh KA'BAH

KA'BAH Resmi ditutup Total, Semua Jamaah Tidak Bisa Nyentuh KA'BAH
Sumber foto : Youtube Kumparan

PASUNDAN EKSPRES - Kerajaan Arab Saudi saat ini sedang melakukan pekerjaan pemeliharaan rutin pada Ka'bah, sebuah tempat suci Islam.

Terlihat dari beberapa foto yang beredar di internet, Ka'bah saat ini dikelilingi pagar yang menutupi area Hijir Ismail.

Pekerjaan  dimulai pada Sabtu (12 September) di bawah pengawasan Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan Saudi  berkoordinasi dengan lembaga pemerintah lainnya.

Menurut Radar Jogja (Jawa Pos Group), perawatan Ka'bah meliputi perbaikan seluruh saluran air hujan, pelapisan atap  marmer, perbaikan katup air, dan perbaikan pintu.

BACA JUGA:Brand ZARA diduga "Sindir" Penderitaan Warga Palestina di Gaza

Tujuan dari pekerjaan pemeliharaan rutin ini adalah untuk menjaga keagungan dan bagian-bagian Ka'bah dalam kondisi baik. Pekerjaan pemeliharaan bangunan suci tersebut dilakukan di bawah pengawasan Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Karena pekerjaan renovasi dan pemeliharaan, jamaah untuk sementara  tidak dapat menyentuh Ka'bah atau melihat atau mencium Hajar Aswad. Meski demikian, masyarakat tetap bisa melakukan tawaf (keliling Ka'bah) dan juga melakukan ibadah lainnya seperti salat dan ibadah.

Melansir dari laman ajel.sa, Rabu (13/12): Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan akan memantau kemajuan pekerjaan, dan terdapat partisipasi dari sekelompok profesional yang berdedikasi untuk mengelola proyek perluasan oleh Penjaga Dua Masjid Suci.

Sejak berdirinya pada tahun 2017, Departemen Manajemen Proyek telah aktif mendukung proyek perluasan Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi  Madinah.

Berita Terkait