News

Browser Chrome Dituding Mengirimkan Informasi Diam-diam ke Google

chrome dituding kirim data ke google
Chrome dituding diam-diam kirimkan informasi ke Google. (ilustrasi Freepik @fazriyabegum82)

PasundanEkspres - Sebuah laporan mengungkap bahwa browser berbasis Chromium, termasuk Chrome, Microsoft Edge, Opera, dan Brave, memiliki ekstensi yang mengirimkan informasi ke Google. Informasi yang dikirimkan meliputi penggunaan CPU, GPU, dan data lainnya.

Menurut Luca Casonato, pengembang JavaScript dan Deno yang berbasis di Belanda, ditemukan API yang didukung oleh ekstensi bawaan bernama "hangout_services" di peramban Chrome. API ini secara diam-diam mengirimkan informasi tentang penggunaan CPU dan GPU pengguna ke Google saat mengunjungi situs web Google.

Informasi yang dikirimkan mencakup penggunaan RAM pada sistem dan tab, serta detail tambahan mengenai CPU untuk keperluan pencatatan. Casonato menyebutkan bahwa API yang memungkinkan fitur ini tidak tersedia untuk situs web lain dan hanya digunakan oleh Google pada situs web mereka sendiri.

Chrome yang sebagian besar dikembangkan dan dikelola oleh Google, menyediakan basis kode utama untuk banyak peramban populer lainnya seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, dan Brave. Peramban yang bukan berbasis Chrome seperti Firefox tidak memiliki ekstensi ini, yang dapat menempatkan mereka pada posisi kurang menguntungkan dalam hal kinerja di situs web Google.

Selain itu, situs web yang bersaing dengan Google tidak dapat mengakses API Chrome ini, yang menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan pelanggaran Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Uni Eropa, demikian dilansir dari Techspot.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua