News

Tips Aman Gunakan Ponsel Saat Demo Kawal Putusan MK

Demo kawal putusan MK
Tips aman pakai hp saat Demo #kawalputusanMK. (ilustrasi Freepik @user4266146)

PasundanEkspres - Pada hari ini, Kamis (22/8/2024), akan diadakan demo Kawal Putusan MK di Jakarta, yang bertujuan untuk mengawal agenda Badan Legislasi (Baleg) DPR dalam rapat pembahasan Rancangan Undang-undang Pilkada.

Aksi ini merupakan respons masyarakat terhadap aturan ambang batas pencalonan kepala daerah dan batas usia calon kandidat di Pilkada yang dikeluarkan Mahkamah Konstitusi (MK) sehari sebelumnya.

Keberadaan ponsel menjadi sangat penting bagi masyarakat yang berada di lokasi demo dan di Jakarta pada umumnya untuk mengakses informasi dan melakukan komunikasi.

Oleh karena itu, menjaga keamanan ponsel dan mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan menjadi hal yang sangat penting. Berikut beberapa tips untuk mengamankan ponsel saat menghadiri unjuk rasa, dirangkum dari berbagai sumber oleh PasundanEkspres.

1. Kunci ponsel

Semua smartphone saat ini dilengkapi dengan metode penguncian yang cukup aman, seperti menggunakan password, pola, sidik jari, atau pemindai wajah. Langkah ini penting dilakukan karena ada kemungkinan ponsel hilang saat aksi unjuk rasa, terutama ketika situasi memanas.

Pastikan ponsel tetap terkunci. Untuk mengakses kamera, sebagian besar ponsel memungkinkan pengguna melakukannya meskipun dalam keadaan terkunci, biasanya dengan menggeser layar.

2. Ingat akun

Pastikan Anda mengingat akun Google dan password sebagai langkah antisipasi jika ponsel hilang. Baik smartphone Android maupun iOS memiliki fitur untuk mengetahui posisi ponsel secara default dan untuk menghapus datanya.

Penting untuk mengingat akun Google beserta passwordnya, demikian juga di iOS dengan Apple ID. Cara termudah untuk mengecek di Android adalah dengan membuka Chrome dan mengetik: find my phone. 

Tab pertama akan menampilkan posisi smartphone Android setelah akun Google dimasukkan. Untuk iPhone, cukup masuk ke icloud.com dan masukkan Apple ID.

3. Pastikan baterai ponsel penuh

Pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh karena aksi demo bisa berlangsung lama sehingga sulit untuk mengisi baterai. Tidak ada salahnya untuk membawa powerbank agar daya ponsel tetap terjaga.

4. Install semua aplikasi penting

Pastikan semua aplikasi penting yang mungkin diperlukan sudah terpasang. Aplikasi standar seperti pesan singkat, transportasi online, media terpercaya, peta online, dan media sosial akan membantu pengguna mendapatkan informasi dan bantuan. Selain itu, dapat pula menginstal aplikasi CCTV untuk memantau situasi terkini di lokasi demo.

5. Pastikan paket data dan pulsa memadai

Ponsel harus selalu terkoneksi dengan internet untuk memaksimalkan semua fungsinya dan memastikan akses informasi serta komunikasi berjalan lancar. Selain paket data, pastikan ada cadangan pulsa yang bisa digunakan untuk menelepon atau mengirim SMS.

6. Gunakan casing dan screen protector yang kuat

Aksi demo selalu berlangsung dinamis. Menambahkan pelindung tambahan untuk bodi ponsel sangat penting agar jika terjatuh atau terbanting, tidak mengalami kerusakan.

7. Jangan sembarangan memposting

Jangan sembarangan memposting di media sosial dan selalu saring informasi yang diterima. Pada saat demo, seringkali beredar informasi yang kebenarannya masih diragukan. Oleh karena itu, pastikan untuk menyaring informasi yang beredar di media sosial maupun aplikasi pesan dan jangan sembarangan memposting konten dari ponsel.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua