News

Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Tantowi Yahya Ungkap Kenangan dengan Mendiang

Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Tantowi Yahya Ungkap Kenangan dengan Mendiang
Mooryati Soedibyo meninggal dunia pada Rabu (24/4) dini hari. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Mooryati Soedibyo yang dikenal sebagai pendiri Mustika Ratu meninggal dunia pada Rabu (24/4) dini hari.

Kabar meninggalnya Mooryati Soedibyo disampaikan oleh Tantowi Yahya dalam unggahan di akun Instagramnya, @tantowiyahyaofficial pada Rabu (24/4).

"Telah berpulang ke pangkuan-NYA, Ibu DR.H.BRA. Mooryati Soedibyo pada hari Rabu, 24 April, jam 01.00 WIB dini hari pada usia 96 tahun (5 Januari 1928 - 24 April 2024). Innalillahiwainnailaihirojiun," tulis Tantowi Yahya dalam akun Instagram pribadinya.

Diketahui, Mooryati Soedibyo meninggal pada Rabu, 24 April 2024 waktu 01.00 WIB dalam usia 96 tahun.

Tantowi Yahya pun mengungkapkan sosok Mooryati Soedibyo yang dikenal sebagai pengusaha perempuan yang visioner dengan berbagai keahliannya terutama dalam meracik jamu yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Ibu Mooryati dikenal sebagai pengusaha yang visioner, politisi dan tokoh jamu tradisional. Jamu ramuannya yang berasal dari resep Kerajaan Surakarta telah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan masyarakat dan juga telah mengharumkan nama Indonesia di luar negeri," tulisnya.

Mantan Duta Besar untuk Selandia Baru itu mengungkapkan kenangannya bersama Mooryati Soedibyo dalam acara Pemilihan Putri Indonesia.

"Saya berhutang budi kepada bu Mooryati karena sekian tahun dilibatkan dalam acara Pemilihan Puteri Indonesia dan beberapa kali mewakili beliau sebagai Ketua Yayasan Puteri Indonesia dan pemegang lisensi Miss Universe di Indonesia dalam berbagai pertemuan di luar negeri," ungkapnya.

Terakhir, Tantowi Yahya mengucapkan selamat jalan kepada pendiri Mustika Ratu tersebut.

"Selamat jalan Bu Moor. Semoga seluruh amal ibadah dan kebaikan ibu semasa hidup akan meringankan langkah ibu kembali ke pangkuan-NYA. Saya bersaksi ibu adalah orang baik yang telah banyak berbuat bagi bangsa ini," tutupnya.

Adapun, jenazah Mooryati disemayamkan di rumah duka di alan Mangunsarkoro Nomor 69, Menteng, Jakarta Pusat.

Jenazah rencananya akan dimakamkan di Tapos, Bogor dari rumah duka setelah zuhur.

Dilansir dari Antara, Mooryati Soedibyo merupakan cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Bowono X yang memulai bisnis jamu pada 1975 dan mendirikan Mustika Ratu pada 1978.

Bahkan, Mooryati mendapat julukan "Empu Jamu Indonesia" atas keahliannya dalam meracik jamu untuk berbagai produk kesehatan dan kecantikan.

Selain itu, Mooryati Soedibyo juga dikenal sebagai pendiri Yayasan Puteri Indonesia dan yang mencetuskan kontes kecantikan Puteri Indonesia pada tahun 1992. (inm)

Berita Terkait