News

Fakta Perjalanan Karier Ahmed Al Kaf, Wasit Bahrain vs Indonesia yang Kontroversial

Fakta Perjalanan Karier Ahmed Al Kaf, Wasit Bahrain vs Indonesia yang Kontroversial

PASUNDAN EKSPRES -  Ahmed Al Kaf yang merupakan wasit Bahrain vs Indonesia masih menjadi perbincangan hangat di media sosial. Keputusan kontroversialnya dalam pertandingan Bahrain vs Indonesia memicu pro dan kontra dikalangan netizen. 

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia harus berbesar hati menerima hasil seri dengan skor 2-2 saat melawan Bahrain dalam babak ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertandingan Bahrain vs Indonesia tersebut berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa pada Kamis (10/10/2024). Penuh kontroversi, berikut profil singkat Ahmed Al Kaf.

BACA JUGA:Daya Beli Masyarakat Subang Menurun, Ekonom: Perlu Perhatian Pemkab

Profil singkat Ahmed Al Kaf

Nama Lengkap: Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf 

Tempat, tanggal lahir: Oman, 6 Maret 1983 

Debut karier: 2008, memimpin laga domestik di Oman 

Lisensi FIFA: 2010, untuk memimpin laga internasional 

Riwayat pertandingan: memimpin 114 pertandingan resmi 

Total kartu dikeluarkan: 343 kartu kuning, 10 kartu merah

BACA JUGA:Jadi Wakil Ketua DPRD, Tegar Jasa Priatna Bakal Implementasikan Visi Prabowo di Subang

Kontroversi wasit Ahmed Al Kaf

Dilansir dari bola.bisnis.com, Al Kaf menjadi hakim lapangan dalam laga Liga Champions Asia antara Al Nassr vs Al Ain pada Maret 2024 lalu. Dia mengeluarkan 10 kartu dalam satu pertandingan itu, yang terdiri dari 9 kartu kuning dan 1 kartu merah. 

Al Kaf juga pernah memberikan keputusan kontroversial dalam Piala Asia U-23 2020. Saat memimpin laga Arab Saudi vs Thailand, keputusan VAR darinya dianggap menguntungkan Arab Saudi yang akhirnya menjadi pemenang pertandingan. 

Kontroversi kembali muncul dalam pertandingan Bahrain vs Indonesia. Al Kaf dinilai tidak meniup pluit padahal waktu tambahan yang seharusnya lima menit sudah lewat tiga menit. 

Masalahnya, keadaan itu dimanfaatkan oleh Timnas Bahrain untuk menyamakan kedudukan. Anehnya, setelah gol kedua Marhoon untuk Bahrain, Al Kaf langsung meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

BACA JUGA:Pj Bupati Subang, Imran Sampaikan Bahwa DPRD Harus Menjadi Representasi Rakyat

Sebagai informasi tambahan, sejak awal dimulai pertandingan Bahrain vs Indonesia memang berlangsung sengit. Indonesia sempat berhasil menyamakan kedudukan pada akhir babak pertama. Bahkan, memasuki paruh kedua, Timnas Garuda kembali menambah skor tetapi berhasil diimbangi oleh timnas Bahrain.

Ahmed Al Kaf termasuk wasit senior karena tercatat sudah 14 tahun memimpin pertandingan internasional, atau sejak 2008. Meski demikian, rekam jejak perjalanan kariernya tidak membuat Al Kaf bebas dari sejumlah kontroversi.(nym)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua