News

Pemda Subang Tak Kucurkan Uang BUMD, Hanya Penyertaan Modal Berbentuk Lahan

SUBANG-Sebanyak lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Subang tak diberi penyertaan modal berbentuk uang oleh Pemda Subang di tahun 2024. Pemda hanya memberikan aset lahan saja.

Penyertaan modal berbentuk lahan tersebut pun hanya kepada 3 BUMD saja, yakni Perumda Tirta Rangga, Subang Energi Abadi (SEA) dan Subang Sejahtera (SS).

Kepala Bagian Ekonomi Setda Pemda Subang H Nurudin mengatakan, dalam rapat yang dihadiri oleh perwakilan BUMD di Kabupaten Subang beberapa waktu yang lalu telah disepakati tidak ada modal penyerta berbentuk uang kepada 5 Badan Usaha tersebut.

Padahal, Pemda Subang telah menawarkan penyertaan modal berbentuk uang kepada pihak BUMD di Subang.

"Tahun 2024 ini tidak ada yang berbentuk uang," ujarnya.

Sementara itu, BUMD seperti Bank Subang dan BPR Karya Utama, mereka tidak diberi penyertaan modal karena tidak meminta. Nurudin menilai, BUMD Subang tersebut sangat sehat, sehingga tidak memerlukan penyertaan modal.

Direktur Operasional BUMD PT Subang Energi Abadi Ahmad Mudofir mengatakan, PT SEA mendapat penyertaan modal berbentuk lahan seluas 1 hektare lebih di Sukamelang. Lahan tersebut rencananya akan dipakai untuk pelatihan petugas dan pengelola usaha berbasis gas bumi.

"Betul kita tidak dapat Penyertaan modal berbentuk uang, melainkan lahan yang rencananya untuk tempat pelatihan pengelola dan petugas berbasis  gas bumi," jelasnya.

Mudofir mengatakan, pihaknya sangat yakin dengan penyertaan modal berbentuk lahan, eksistensi Subang Energi Abadi semakin kuat. Sebab lahan tersebut akan menjadi peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan di sektor pelatihan.(ygo/ysp)

Tag :

Berita Terkait