News

Elon Musk Berencana Ubah Tampilan X/Twitter, Netizen Protes

X akan ganti tampilan
Elon Musk berencana ubah tampilan X tapi netizen protes. (ilustrasi freepik)

PasundanEkspres - X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, tampaknya akan mengalami perubahan desain yang signifikan di bawah kepemimpinan Elon Musk. Namun, rencana perubahan ini menuai respon negatif dari pengguna.

Menurut penemuan peneliti aplikasi Aaron Perris dari MacRumors, X berencana mengubah cara menampilkan konten di feed pengguna dengan menghilangkan tombol interaksi pada setiap postingan.

Artinya, tombol untuk membalas, repost, dan like tidak akan muncul di bawah setiap postingan di timeline pengguna X. Selain itu, jumlah balasan, repost, dan like juga akan dihilangkan dari postingan di timeline.

Sebagai pengganti tombol yang dihilangkan, X ingin pengguna melakukan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menyukai atau membalas postingan. Pengguna X di iOS juga dapat menggunakan force touch pada postingan untuk membuka menu dengan lebih banyak opsi.

Setelah jumlah balasan, repost, dan like dihilangkan, satu-satunya metrik yang ditampilkan di timeline adalah jumlah view yang posisinya dipindahkan ke sudut kanan atas postingan. Pengguna masih dapat melihat metrik lainnya dengan membuka postingan tersebut.

Sekarang ini, perubahan tersebut hanya sebatas rencana dan belum diterapkan. Namun, beberapa pengguna X bergerak cepat untuk memprotes rencana ini karena dianggap akan menurunkan engagement.

"Keputusan yang buruk," kata pengguna X @AnxiousHolly di bawah postingan Perris.

"Perubahan ini sangat bodoh. Perubahan ini seharusnya tidak diberlakukan. Jika Anda benar-benar ingin melakukannya, Anda harus melakukan pemungutan suara dan biarkan orang-orang memilih @X @Support @elonmusk," kata @gale_kc.

"Jika fitur ini ditambahkan, saya akan berhenti menggunakan Twitter," kata @ThisJackRN.

Rencana perubahan ini juga dikonfirmasi oleh pemilik X Elon Musk. Ia mengatakan perubahan ini luar biasa karena memudahkan pengguna untuk membalas dan menyukai postingan.

"Ini keren. Cukup geser ke kiri untuk menyukai (postingan) dan ke kanan untuk membalas," tulis Musk dalam cuitan balasannya kepada pengguna yang memprotes perubahan tampilan X, seperti dikutip dari Mashable, Jumat (5/7/2024).

Sejak membeli Twitter/X pada Oktober 2022, Musk telah membuat banyak perubahan pada platform media sosial ini. Perubahan terbesarnya tentu saja adalah penggantian nama Twitter menjadi X tahun lalu. Belum lama ini, Musk juga menghilangkan tab likes yang diubah menjadi private.

Musk pun telah lama berencana menghilangkan tombol balas, repost, dan like yang ada di timeline. Ia pertama kali mengungkap rencana tersebut lewat postingan di X pada Oktober tahun lalu.

Berita Terkait