News

Ustaz Felix Siauw: Filosofi Berguru di dalam Islam adalah Transfer of Character

Ustaz Felix Siauw: Filosofi Berguru di dalam Islam adalah Transfer of Character
Ustaz Felix Siauw di YouTube dr. Richard Lee (dok.YouTube)

PASUNDAN EKSPRES - Ustaz Felix Siauw baru-baru ini memberikan pendapatnya tentang ustaz zaman sekarang yang dapat menyesatkan. Pernyataan Ustaz Felix Siauw tersebut diungkapkan melalui podcast di YouTube dr. Richard Lee pada (28/3/24). 

Podcast yang dipandu oleh dr. Richard Lee dan Young Lex itu, ustaz Felix Siauw ditanya tentang saat ini kebanyakan masyarakat merasa bias atau bingung dalam memilih ustaz maupun pemimpin.   

BACA JUGA:Ustaz Felix Siauw Soal Sertifikasi Ustaz: Aku jelas menolak, lah!

"Jadi gini, kalau di dalam Islam memang betul antara penguasa dan ulama itu berbeda. Maka penguasa itu punya karakteristiknya, ulama juga punya karakteristiknya.” kata ustaz Felix Siauw.

Melanjutkan pernyataannya tersebut,ustaz Felix Siauw juga mengatakan bahwa dari segi posisi antara ulama dan pemimpin sebenaranya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bahkan, lebih bagus lagi jika kita memiliki pemimpin yang juga seorang ulama. 

BACA JUGA:Ini Kata Ustadz Felix Siauw Soal Pernikahan dalam Agama Islam: Ibadah Paling Lama

“Bahkan, dikatakan sebenarnya, ya kalau dari segi posisi, ya ulama ini harusnya lebih terjaga dari pada pemimpin. Lebih bagus lagi adalah ketika kita punya pemimpin dia yang juga seorang ulama.” lanjut ustaz Felix Siauw.

Bahkan, masih dalam konteks yang sama ustaz Felix Siauw menjelaskan bahwa pepimpin itu harusnya lebih paham tentang urusan dunia.

“Kalau Pemimpin itu dia harus lebih paham tentang masalah-masalah keduniaan.Dia harus lebih paham masalah-masalah taktikal, politis dan segala macam.”

BACA JUGA:Benarkah Islam Semakin Tersebar Luas Jadi Tanda-Tanda Kiamat, Ini Kata Ustadz Felix Siauw

 Sedangkan ulama menurut ustaz Felix Siauw harus lebih memahami urusan akhirat. Mesipun agama juga mengajarkan dan mengurusi dunia.  

“Berbeda dengan ulama dia lebih harus paham dengan masalah-masalah akhirat, dengan masalah-masalah agama. Walaupun agama juga ngurusin dunia.”  

Ada yang menarik dalam pembahasan tentang memilih guru atau ustaz dan pemimpin dalam podcast berdurasi 1 jam lebih tersebut.

BACA JUGA:Ustadz Felix Siauw Ungkap Apakah Kiamat Ada atau Cuma Kiasan?

Pasalnya, ustaz Felix Siauw mengungkapkan jika filosofi berguru dalam Islam adalah transfer of character bukan transfer of knowledge.

“Filosofi berguru di dalam Islam adalah Transfer of Character bukan transfer of knowledge ini, lho yang penting, nih.   

Ustaz Felix Siauw menjelaskan arti dari filosofi dari transfer of character adalah seorang guru dapat mentransferkan karakter-karakter tertentu kepada muridnya.  

“Artinya, keberhasilan seorang guru adalah ketika dia bisa mentransferkan 

karakter-karakter tertentu pada mmuridnya bukan hanya mentransfer ilmu.” pungkas ustaz Felix Siauw.

(nym)

Berita Terkait