Opini

Pesona Alam Wisata Bukit di Lereng Atas Merapi

Pesona Alam Wisata Bukit Klangon di Lereng Atas Merapi

Oleh

1.Drs.Priyono,MSi (Dosen senior pada Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

2.Prof.DR.Suwarno,MSi (Guru Besar pada program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Bukit Klangon adalah pesona wisata yang relatif baru ,  berlokasi di lereng timur gunung berapi Merapi dan secara administrasi masuk dalam wilayah Kalitengah lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman DIY. Bukit yang penuh pesona dan suasana magis ini hanya ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam  dari pusat kota Klaten dan 31 km dari kota Yogyakarta. Bukit ini memiliki nama asli Bukit Glagahsari atau Glagaharjo menjadi spot terbaik untuk menikmati indah dan sangarnya gunung Merapi karena hanya berjarak 4 km dari puncak. Bukit yang berdiri pada ketinggian 1.200  m dari permukaan air laut sehingga terasa dingin ketika menginjakkan kakinya di bukit yang jadi sasaran kemarahan Merapi karena semburan awan panas dan aliran lahar yang setiap saat bisa datang, sehingga merupakan daerah bahaya Merapi yang harus diwaspadai. Memasuki area ini sudah diingatkan dengan tulisan yang cukup besar dan jelas, harus waspada karena merupakan daerah berbahaya akibat lahar dingin Merapi dan awan panas.

Pesona Alam Wisata Bukit Klangon di Lereng Atas Merapi
Pesona Alam Wisata Bukit Klangon di Lereng Atas Merapi-null

Wisata di bukit Klangon merupakan alternatif  dan solusi yang tepat bagi para wisatawan domestik di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Lokasinya sangat mudah terjangkau baik dari Yogya maupun Solo. Wisatawan di bukit Klangon akan dimanjakan dengan ketersedian berbagai vasilitas yang sangat lengkap dan mewadahi. Harga tiket yang terjangkau bagi golongan ekonomi lemah ini memberikan kesan tersendiri. Dengan tiket yang terjangkau ini memberikan daya tarik yang luar biasa. Biaya yang memberikan kenikmatan yang luar biasa bagi wisatawan baik pemandangan yang indah, iklim yang sejuk, dan damai, sehingga seperti menikmati surganya dunia.

Pesona perbukitan memiliki kesan tersendiri bagi wisatawan domistik maupun mancanegara. Secara kodrati alam memberikan gambaran estitika yang elok untuk dapat dinikmati  keagungan ciptaan Allah bagi wisatawan. Wisatawan akan dapat memiliki kesan yang berbeda saat menikmati keindahan alam perbuktian dengan alam pantai. Alam perbukitan dengan suasana terasa dingin dan sejuk dan dapat memberikan kesan ketemtraman dan damai. Alam Pantai terasa panas kecuali pada pagi hari atau sore, sehingga kesan para wisatawan terasa gerah. Terlebih bukit Klangon yang memberikan kesan tersendiri bila dibandingkan dengan bukit-bukit lain. Mengapa demikian, karena bukit Klangon di pagi hari memberikan kesan seperti lingkungan Pantai yang cerah dan juga dapat menikmati keindahan sun rise.

Menuju lokasi melankolis ini harus berjuang menaklukkan tanjakan dengan kemiringan yang cukup tajam dan jalan berliku mengelilingi bukit tapi viewnya sangat indah dan mempesona. Sulit bisa melihat tubuh merapi secara utuh karena awan selalu menyelimuti kecuali datang pagi hari . Meskipun jalannya penuh liku dan mengular tetapi sudah beraspal,jadi bisa dikatakan untuk menuju ke sana aksesibilitasnya cukup baik. Di bawah bukit ini tempat disemayamkannya mbah Marijan yang legendaris, korban awan panas pada saat erupsi Merapi yang hebat.  Permukiman tempat tinggal mbah Marijan ternyata sangat padat dan tingkat ekonominyi cukup bagus dilihat dari bangunan fisik rumah tempat tinggal. Tidak jauh dari tempat mbah Marijan dikuburkan yang dipisah dengan warga, terdapat masjid yang bagus mengindikasikan bahwa masyarakatnya religius.

Bukit Klangon juga menjadi spot camping yang menarik di Yogyakarta , yang ingin melihat pesona sunrise atau matahari terbit sehingga banyak wisata yang menginap dengan mendirikan tenda sederhana untuk mengurangi hawa dingin yang merasuk sukma. Pemandangan sunrise tidak perlu jauh jauh ke Bromo, Jawa Timur tapi cukup di bukit klangon, DIY. Selain aktivitas camping dan menikmati keagungan Tuhan berupa sunrise, lokasi ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperti kuliner, gazebo,mushola hingga gardu pandang  dengan ketinggian 5m yang menjadi spot foto keren dengan latar belakang puncak merapi yang begitu dekat. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah outbond, ATV dan ADV serta fly fox dan ada hiburan music dengan gitar tunggal lewat lagu nostalgia dan lagu request wisatawan. Klangon juga menyediakan wisata minat khusus bersepeda gunung dengan route yang aduhai untuk ditaklukkan. Tiket masuk terjangkau karena hanya rp 4.000 per orang dan parkir roda 2 rp 3.000 dan roda 4  rp 4.000. Bagi yang ingin camping dikenakan cas rp 15.000 per orang.  Pengunjung tahun 2019 mencapai 10.000 orang dan setiap tahun meningkat dan rata per hari 700 hingga 1.000 orang bahkan malam tahun baru mencapai  3.000 orang.

Wisata alam yang menjadi  pendukung dan satu jalur dengan bukit klangon, juga tidak kalah menariknya sehingga dapat dijadikan paket wisata  dalam satu destinasi wisata. Di bawah bukit ini terdapat tempat wisata yang tidak kalah memukau yaitu teras Merapi. Pemandangan alam yang tidak jauh berbeda tapi dengan view yang lain. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa tempat penginapan, gazebo, tempat pertemuan yang berkapasitas masing masing 100 orang. Lapangan parkir yang luas dan lapangan  rumput hijau untuk mengadakan kemah serta kolam renang sambil menikmati puncak Merapi. Fasilitas MCK dan kuliner tersedia utk Wisatawan. Sebelum mencapai teras merapi sepanjang perjalanan di sisi kanan terdapat Sungai besar yang mengalirkan lahar dingin yang berisi bahan vulkanik mulai dari batu, pasir, kerikil, debu dll yang menjadi sumber penghidupan masyarakat di daerah sekitarnya. Truk besar dan kecil yang mengambil bahan vulkanik, hilir mudik memasuki sungai besar dengan tingkat kesulitan tinggi yang bawa berkah.

Tag :

Berita Terkait