Cara Para Ahli Astronomi Menemukan Neptunus Tanpa ke Luar Angkasa!

PASUNDAN EKSPRES - Penemuan planet Neptunus adalah salah satu cerita paling menarik dalam sejarah astronomi, di mana ilmu pengetahuan dan matematika berperan penting dalam mengungkap rahasia alam semesta. Cerita ini disampaikan dengan jelas dalam video YouTube oleh channel @kataalfa, yang membahas bagaimana Neptunus ditemukan bahkan sebelum dilihat langsung melalui teleskop.

Pada pertengahan abad ke-19, ketika planet Uranus baru saja ditemukan, seorang astronom Prancis bernama Urbain Le Verrier mengamati dan menghitung jalur orbitnya. Le Verrier memperhatikan sesuatu yang aneh: orbit Uranus tidak sesuai dengan prediksi yang didasarkan pada hukum gravitasi Newton. Daripada menyimpulkan bahwa hukum Newton telah gagal, Le Verrier memutuskan untuk tetap menggunakan hukum tersebut, namun dengan satu tambahan penting: keberadaan sebuah planet yang belum ditemukan di belakang Uranus.

Le Verrier kemudian membuat prediksi mengenai lokasi planet yang tidak terlihat ini. Dengan perhitungan matematisnya, dia menyatakan bahwa ada sebuah planet yang menyebabkan gangguan gravitasi pada orbit Uranus. Berbekal prediksi tersebut, pada 23 September 1846, astronom Jerman Johann Galle mengarahkan teleskopnya ke arah yang ditunjukkan oleh Le Verrier. Alhasil, Galle menemukan sebuah planet baru, yang sekarang kita kenal sebagai Neptunus.

"Para astronom mengetahui keberadaan Neptunus sebelum melihatnya dengan mata sendiri melalui teleskop," demikian pernyataan dalam video tersebut. "Neptunus adalah satu-satunya planet yang ditemukan melalui matematika," tambahnya lagi. Hal ini menunjukkan betapa kuatnya peran matematika dalam eksplorasi dan penemuan ilmiah.

Penemuan Neptunus adalah contoh luar biasa bagaimana manusia dapat mengungkap misteri alam semesta melalui perhitungan matematis yang cermat. Dengan menggunakan hukum gravitasi Newton dan mempercayai prediksinya, Le Verrier membuka jalan bagi penemuan planet yang sebelumnya tak terlihat oleh mata manusia. Kisah ini tidak hanya menambah pengetahuan kita tentang tata surya, tetapi juga menginspirasi generasi mendatang tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan matematika dalam memahami dunia di sekitar kita.