Sepak Bola

Calvin Verdonk Resmi Menjadi WNI, Erick Thohir Pastikan Dapat Bertanding Lawan Filipina

Calvin Verdonk Resmi Menjadi WNI, Erick Thohir Pastikan Dapat Bertanding Lawan Filipina
Calvin Verdonk telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). (Foto: laman resmi PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Calvin Verdonk telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan dipastikan dapat membela Timnas Indonesia dalam laga melawan Filipina.

Proses naturalisasi Calvin Verdonk sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) telah selesai dilakukan pada Selasa, 5 Juni 2024 di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, Jakarta dengan melakukan pengambilan sumpah sebagai salah satu syarat menjadi WNI.

Langkah bersejarah ini disambut dengan gembira oleh banyak pihak, termasuk Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.

Erick Thohir menyikapi proses naturalisasi Calvin Verdonk merupakan hasil kerja keras semua pihak demi kemajuan sepakbola Indonesia.

"Alhamdulillah Calvin Verdonk sudah resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah. Ini kerja keras dan kerja bersama semua pihak yang cinta sepakbola Indonesia dan ingin sepakbola kita maju. Setelah proses pengambilan sumpah, Calvin juga langsung membuat KTP dan paspor Indonesia," ucap Erick di Jakarta, dilansir dari laman resmi PSSI, Kamis (6/6).

Meskipun sudah mengambil sumpah, masih diperlukan satu langkah penting lainnya, yakni persetujuan dari FIFA agar Calvin dapat mewakili timnas Indonesia di kancah internasional.

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI, Pimpinan Komisi III DPR RI, Pimpinan Komisi X DPR RI, Menpora, dan Menkumham yang senantiasa memberikan dukungan bagi perkembangan sepak bola Indonesia menuju arah yang lebih baik.

Dengan naturalisasi Calvin Verdonk, diharapkan akan memperkaya komposisi pemain timnas Indonesia serta membuka peluang yang lebih luas bagi sepak bola Tanah Air untuk meraih prestasi internasional yang gemilang.

Sementara itu, Calvin Verdonk yang baru saja sah menjadi WNI dipastikan siap membela skuad Timnas Indonesia di laga terakhir Indonesia di Putaran Kedua Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina, pada 11 Juni mendatang.

Kepastian itu diperoleh setelah proses peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI sudah mendapat persetujuan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA). 

PSSI pun langsung mengirimkan surat persetujuan dari FIFA itu ke Federasi Sepakbola Asia (AFC), Rabu (5/6).

Dengan pengesahan FIFA tersebut, dan AFC pun telah mengetahuinya, maka legalitas pemain NEC Nijmegen itu untuk merumput bersama Timnas kuat secara hukum.

"Sejak kemarin banyak pihak di dalam negeri telah membantu prosedur Calvin Verdonk untuk segera memperkuat sepakbola Indonesia, terutama menghadapi pertandingan penting bagi langkah Indonesia menuju Piala Dunia 2026," tutur Erick Thohir di Jakarta, Rabu (5/6).

"Saya apresiasi proses persetujuan yang dilakukan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung agar sepakbola kita maju. Meski keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih, tapi saya pastikan Verdonk sudah siap bertanding saat melawan Filipina," sambungnya.

Kehadiran Verdonk tak hanya menambah lagi kekuatan lini belakang Timnas tapi juga membuat persaingan sehat terjadi bagi para pemain yang ingin membela Garuda. 

Saat ini, tercatat ada 12 pemain di posisi defender yakni Jay Idzes, Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Asnawi Mangkualam. (inm)

Berita Terkait