Sepak Bola

Gol West Ham Ke Gawang Arsenal Bikin Kontroversi

Gol yang dilakukan West Ham United ke dalam Gawang Arsenal ternyata memberikan kontroversi yang luar biasa, lantaran bola tersebut sudah keluar lapangan atau belum terjadi gol. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Gol yang dilakukan West Ham United ke dalam Gawang Arsenal ternyata memberikan kontroversi yang luar biasa, lantaran bola tersebut sudah keluar lapangan atau belum terjadi gol. 

Arsenal menelan kekalahan dengan skor 2-0 dari West Ham United  dalam pertandingan Liga Inggris yang digelar di Emirates Stadium pada Jumat (29/12/2023) dini hari WIB. West Ham United meraih kemenangan tersebut berkat gol yang dicetak oleh Tomas Soucek dan Konstantinos Mavropanos.

Terjadi kontroversi pada gol pembuka West Ham yang dicetak oleh Soucek. Kontroversi muncul akibat posisi bola sebelum dioper kepada Soucek oleh Jarrod Bowen yang kemudian diubah menjadi gol.

BACA JUGA:Kalah 3 Set Dari Pink Spider, Megawati Dibuat Mati Kutu

Bowen memberikan umpan kepada Soucek saat bola sedang melambung di dekat garis tepi di samping gawang Arsenal. 

Wasit, Michael Oliver, dan Video Assistant Referee (VAR) melakukan pemeriksaan yang cukup lama untuk memastikan apakah bola yang diumpan oleh Bowen telah melewati garis lapangan atau belum. 

Setelah pemeriksaan, wasit memutuskan bahwa bola belum keluar dari lapangan. Oleh karena itu, gol yang dicetak oleh Soucek dinyatakan sah.

Mark Clattenbung sebagai mantan wasit Liga Inggris, tidak sepenuhnya dapat memastikan apakah keputusan Oliver dan VAR mengesahkan gol tersebut sudah tepat.  

"Tidak ada keputusan lain yang dapat diberikan oleh ofisial pertandingan. Asisten wasit yang berada di garis gawang tidak melihat bahwa bola jelas-jelas keluar dari permainan sehingga keputusan di lapangan adalah sebuah gol. Bila Anda melihat dengan semua bukti yang baru saja kita lihat, kita tidak bisa 100 persen yakin bahwa bola telah keluar," ujar Clattenburg dikutip dari Amazon Prime.

BACA JUGA:Liga 3 Seri 1 Jawa Barat, Dua Gol Ega Bawa Persikas Ke Final

Kejadian tersebut terjadi karna keterbatasan sudut pandang wasit dan kamera. Bahkan Manager Arsenal Mikel Arteta sudah pasrah dengan gol soucek yang disahkan. 

"Memang begitulah adanya. Teknologi yang kami miliki saat ini tidak cukup jelas jika bola keluar," ujar Arteta dikutip dari BBC.

Berita Terkait