Sepak Bola

Shin Tae-yong Batal Pulang ke Indonesia Bulan Juli, Fokus Pemulihan Pasca Operasi

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong sumber foto (MI/BRIYANBODO HENDRO)
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong sumber foto (MI/BRIYANBODO HENDRO)

PASUNDAN EKSPRES - Kabar terbaru datang dari Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong dipastikan batal pulang ke Indonesia pada bulan Juli ini. Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh manajer tim nasional senior, Sumardji.

Sebelumnya, Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia setelah masa liburannya di Korea Selatan pada pertengahan Juli 2024. Tetapipelatih timnas, kembalinya sang juru taktik berusia 53 tahun itu harus mundur karena beberapa alasan, salah satunya adalah fokus pemulihan pasca operasi.

BACA JUGA:Resmi! 8 Klub Ini Bakal Bertanding di Piala Presiden 2024, Hadiah Rp 5 Miliar Menanti Juara!

"Awal Agustus [Shin Tae-yong baru kembali ke Indonesia]," ungkap Sumardji kepada Suara.com, Jumat (12/7/2024). "Agak mundur dari jadwal sebelumnya," tambahnya.

Shin Tae-yong sendiri telah berada di Korea Selatan sejak 14 Juni lalu. Kepulangannya ke negara asalnya dilakukan setelah mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Merah Putih menjadi satu-satunya negara ASEAN yang melaju ke fase tersebut setelah menjadi runner-up Grup C usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 pada 11 Juni lalu.

Di Korea Selatan, Shin Tae-yong tak hanya berlibur. Ia juga menjalani operasi akibat sakit radang selaput dada. Operasi tersebut dilakukan pada 15 Juni selama enam jam.

BACA JUGA:Persib Bandung Bidik Alexandre Pato, Mantan Bintang AC Milan Segera Gabung Maung Bandung!

PSSI sebelumnya berharap Shin Tae-yong bisa segera kembali ke Indonesia. Pasalnya, setelah resmi memperpanjang kontrak hingga 2027, Shin sudah ditunggu jadwal padat.

Shin Tae-yong harus segera mempersiapkan Timnas Indonesia yang akan tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September mendatang. Skuad Garuda tergabung di Grup C bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia akan menghadapi Arab Saudi. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan di kandang lawan pada tanggal 5 September 2024.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua