Sepak Bola

Jelang Laga Lawan Filipina, Timnas Indonesia Siap Tampil Habis-Habisan

Jelang Laga Lawan Filipina, Timnas Indonesia Siap Tampil Habis-Habisan
Shin Tae-yong bersama Ragnar Oratmangoen dalam jumpa pers jelang laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (Foto: laman resmi PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Pelatih Timnas, Shin Tae-yong menyampaikan bahwa Timnas Indonesia siap tampil habis-habisan jelang laga melawan Filipina pada Selasa, 11 Juni mendatang.

Hal ini ia ungkapkan dalam jumpa pers jelang laga, pada Senin, 10 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta bersama salah satu pemain Timnas, Ragnar Oratmangoen.

Shin menilai, pasca kekalahan dari Irak di laga sebelumnya, timnya tidak boleh mundur sebab melihat poin Indonesia dengan Vietnam beda tipis di Grup F.

Seperti diketahui, saat ini Skuad Garuda menduduki peringkat kedua klasemen grup dengan meraih tujuh poin. 

Adapun Irak berada di puncak klasemen grup dengan 15 poin, Vietnam berada di tempat ketiga dengan 6 poin, dan Filipina berada di posisi terakhir dengan perolehan 1 poin.

"Seperti yang kita tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur, tidak boleh juga kita mundur dari sini," ucap Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (11/6).

Dia juga mengingatkan kepada Skuad Garuda untuk tidak memandang remeh lawannya. 

"Filipina meski gagal lolos pasti akan berjuang keras melawan Indonesia. Demikian pula kami akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan kepada para fans sepak bola Indonesia," ujarnya.

Mengenai komposisi pemain, dia mengungkapkan tidak ada perbedaan saat jumpa Irak sebelumnya. 

"Sebenarnya, di laga melawan Irak pun, komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibanding Irak. Saya tidak khawatir jelang pertandingan besok, karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde ketiga," tuturnya.

"Kondisi para pemain di lapangan, mereka bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Pastinya kita akan bisa lolos ke ronde ketiga, jadi mohon kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk Timnas kita," sambungnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengatakan kepada suporter untuk terus memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen mengucapkan janji pada suporter Timnas jelang laga lawan Filipina. 

"Kami mungkin tidak bisa meladeni semua permintaan fans untuk foto dan tanda tangan, tetapi kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyenangkan fans," ucap Oratmangoen.

"Saya rasa melawan Tanzania, kita menciptakan banyak peluang, dan harusnya tergantung kami untuk mencetak gol dan menyelesaikan peluang. Namun, saya harapkan besok bisa mencetak gol di pertandingan dan menjadi pemain penting buat tim," lanjutnya.

Dirinya juga menilai bahwa Timnas Indonesia sejatinya sudah tampil baik dalam duel lawan Irak. Skuad Garuda punya beberapa peluang untuk mencetak gol tetapi tidak bisa dimaksimalkan dengan baik.

"Saya rasa, kami sudah melakukan beberapa hal baik di laga terakhir, tetapi pada akhirnya kami harus kalah 0-2. Dan sekarang adalah pertandingan penting buat kami, kami akan berusaha mendapat tiga poin, dan kami optimistis sebagai tim dapat menunjukkan yang terbaik," imbuhnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia akan kembali berlaga dalam pertandingan melawan Filipina pada Selasa, 11 Juni 2024 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. (inm)

Berita Terkait