Sepak Bola

Jurgen Klinsmann Resmi Dipecat dari Pelatih Timnas Korea Selatan Usai Gagal di Piala Asia 2023

Jurgen Klinsmann Resmi Dipecat dari Pelatih Timnas Korea Selatan Usai Gagal di Piala Asia 2023
Jurgen Klinsmann resmi dipecat dari pelatih Timnas Korea Selatan usai gagal meraih juara di Piala Asia 2023. (Foto: Allkpop)

PASUNDAN EKSPRES - Jurgen Klinsmann resmi dipecat dari pelatih Timnas Korea Selatan usai gagal meraih juara di Piala Asia 2023.

Pengumuman itu disampaikan oleh Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) yang telah memecat Jurgen Klinsmann sebagai pelatih Timnas Korea Selatan pada Jumat, 16 Februari 2024.

Keputusan ini dipicu oleh kekalahan Korea Selatan atas Yordania di semifinal Piala Asia 2023.

Oleh karena itu, pelatih asal Jerman itu dinilai gagal membawa Timnas Korea Selatan meraih juara di Piala Asia 2023 sehingga KFA langsung mendepaknya dari kursi kepelatihan.

Diketahui, Jurgen Klinsmann dikontrak menjadi pelatih Timnas Korea Selatan pada akhir Februari 2023 dan dikontrak hingga tahun 2026, namun pemecatannya ini membuat dirinya hanya melatih Taeguk Warriors selama 1 tahun.

Chung Mong Gyu selaku Presiden Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) buka suara mengenai pemecatan Jurgen Klinsmann sebagai pelatih Timnas Korea Selatan.

"Klinsmann gagal menunjukkan kemampuan kepelatihan dan kepemimpinan yang diharapkan dari seorang pelatih timnas, termasuk manajemen permainan dan etos kerja yang mengarah kepada daya saing timnas. Timnas lebih dari sekedar tim olahraga, ini adalah tim yang mewakili nama Korea," ucap Chung Mong Gyu yang dilansir dari Best Eleven.

"Lalu dari hasil diskusi dan opini tersebut, daya saing dan sikap pelatih, Klinsmann tidak sesuai dengan sentimen dan ekspektasi publik, serta dinilai akan sulit untuk meningkat di masa depan, sehingga kami memutuskan untuk mengganti pelatih di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026," jelasnya.

Selama Klinsmann melatih timnas, publik Korea Selatan kerap mengkritik pelatih tersebut yang dinilai jarang datang ke Korea Selatan untuk menyaksikan kompetisi domestik dan lebih sering melakukan perjalanan ke luar negeri.

Ditambah dengan konflik internal yang baru-baru ini terjadi antara Lee Kang In dan Son Heung Min serta kekalahan telak Taeguk Warriors atas Yordania membuat KFA mengambil sikap dan memecat Jurgen Klinsmann lewat sambungan telepon.

Sementara itu, Jurgen Klinsmann yang saat itu berada di Amerika Serikat, diberitahu tentang pemecatannya tersebut kemudian memposting pesan perpisahan di Instagramnya.

"Terima kasih banyak atas semua dukungan Anda membawa kami ke semifinal Piala Asia dan perjalanan luar biasa selama 12 bulan terakhir dengan tidak kalah 13 pertandingan berturut-turut sebelum semifinal! Terus berjuang," tulisnya dalam akun @j_klinsmann pada Jumat, 16 Februari 2024. (inm)

Berita Terkait