Tekno

Fitur Baru iOS 18 Bisa Buat Emoji Custom Pakai Fitur AI

Fitur baru iOS 18
Fitur baru iOS 18 akan bisa buat emoji custom pakai AI. (screenshot @macrumors.com)

PasundanEkspres - Bocoran tentang fitur baru di iOS 18 yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) sudah banyak tersebar sebelumnya.

Kini, bocoran terbaru memberikan lebih banyak detail mengenai fitur-fitur AI yang sedang dipersiapkan Apple. Jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, dalam newsletter terbarunya melaporkan bahwa Apple sedang mengembangkan fitur baru untuk iOS 18 yang memungkinkan pembuatan emoji custom menggunakan AI generatif.

"Ini berarti kalian akan tiba-tiba memiliki emoji baru untuk setiap kesempatan, di luar katalog opsi yang saat ini ditawarkan Apple di iPhone dan perangkat lainnya," kata Gurman, seperti dikutip dari Android Authority.

Fitur serupa juga ada di Android dengan nama Emoji Kitchen yang bisa diaktifkan lewat aplikasi Gboard. Emoji Kitchen memungkinkan pengguna menggabungkan dua emoji menjadi satu emoji baru.

Selain emoji bertenaga AI, Apple juga sedang mengembangkan fitur rangkuman yang bisa meringkas notifikasi yang terlewat, pesan yang masuk, halaman web, artikel, dokumen, catatan, dan lainnya.

Asisten suara Siri juga akan mendapatkan peningkatan berupa interaksi yang lebih alami dengan pengguna berkat model AI buatan Apple, serta Siri yang lebih canggih untuk Apple Watch. Gurman juga mengklaim bahwa Apple sedang mengerjakan fitur transkripsi memo suara.

Gurman juga menguatkan bocoran lain tentang fitur AI di iOS 18, seperti editor foto yang ditenagai AI, upgrade untuk Spotlight dan pencarian web, serta saran untuk balasan email dan SMS.

iOS 18 juga akan membawa fitur non-AI yang difokuskan untuk kustomisasi iPhone, yaitu opsi untuk mengubah warna ikon aplikasi dan memindahkan ikon aplikasi sesuai keinginan. Gurman mencontohkan pengguna bisa mengubah warna semua aplikasi keuangan menjadi hijau dan semua aplikasi media sosial menjadi biru.

Apple akan mengumumkan iOS 18 dan update untuk sistem operasi lainnya di acara WWDC 2024 yang akan dimulai pada 10 Juni mendatang. Kabarnya Apple juga akan mengumumkan kolaborasinya dengan OpenAI di acara ini, tapi produsen iPhone itu juga masih bernegosiasi dengan Google dan Anthropic.

Berita Terkait