Tekno

Meta Uji Coba Chatbot AI di WhatsApp & Instagram, Pengalaman Interaktif Baru!

Chatbot AI Meta
Meta sedang melakukan uji coba fitur chatbot AI di Whatsapp dan Instagram. (screenshot Twitter/X @appleforever18)

PASUNDAN EKSPRES - Meta, perusahaan di bawah naungan Mark Zuckerberg, telah memasuki ranah kecerdasan buatan (AI) dengan mengenalkan chatbot AI dalam beberapa aplikasinya.

Menurut laporan dari TechCrunch, Meta tengah melakukan uji coba Meta AI, chatbot yang didukung oleh kecerdasan buatan, di WhatsApp, Instagram, dan Messenger, di India dan beberapa negara Afrika.

Seorang juru bicara Meta menyatakan bahwa pengalaman yang menggunakan AI generatif sedang dalam tahap pengembangan, dan sejumlah pengalaman tersebut sedang diuji coba secara terbatas kepada publik.

Beberapa pengguna Instagram di wilayah yang menjadi lokasi uji coba telah melaporkan kehadiran chatbot Meta AI di aplikasi tersebut. Di Instagram, Meta AI dapat diakses melalui bilah pencarian di dalam kotak pesan langsung (DM).

Dengan mengetuk logo AI, pengguna dapat berinteraksi dengan Meta AI seperti berbincang melalui DM dengan teman di Instagram. Seorang jurnalis dari Engadget, Pranav Dixit, mencatat bahwa dia dapat meminta chatbot memberikan definisi kata, menyarankan judul artikel, membuat gambar anjing di atas skateboard, hingga merekomendasikan konten Reels yang menampilkan kucing.

Selain itu, chatbot Meta AI juga telah muncul di aplikasi WhatsApp untuk platform Android dan iOS. Namun, uji coba ini masih dalam tahap terbatas dan hanya tersedia untuk pengguna yang menggunakan Bahasa Inggris.

Pengguna dapat mengakses Meta AI dengan mengetuk ikon yang tersedia di bilah pencarian. Namun, beberapa pengguna juga melaporkan bahwa ikon Meta AI muncul di sudut kanan atas, dekat dengan tombol kamera dan tombol untuk membuat percakapan baru.

Jika pengguna tidak yakin dengan apa yang ingin ditanyakan kepada Meta AI, mereka dapat melihat beberapa topik rekomendasi dengan mengetuk bilah pencarian. Beberapa topik yang disarankan termasuk 'Teach me all about K-pop', 'Tell me a scary story', 'Imagine paradise', dan masih banyak lagi.

Tentunya masih belum jelas apakah Meta akan memperluas uji coba chatbot AI ini, dan kapan fitur tersebut akan diluncurkan. Namun, apakah Anda tertarik untuk berbincang dengan chatbot AI di Instagram dan WhatsApp?

Berita Terkait