Tekno

WhatsApp Sedang Uji Coba Fitur Blokir Pesan Spam dari Nomor Tidak Dikenal

Fitur blokir pesan spam Whatsapp
Whatsapp saat ini sedang uji coba fitur blokir pesan spam dari nomor tak dikenal. (screenshot @wabetainfo.com)

PasundanEkspres - Menerima pesan spam yang terus-menerus di WhatsApp tentu sangat mengganggu. Kabar baiknya, WhatsApp kini tengah menguji coba fitur privasi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk memblokir pesan dari nomor yang tidak dikenal.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo dalam versi beta WhatsApp untuk Android versi 2.24.17.24. Saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp.

Menurut penjelasan WABetaInfo, ketika fitur ini diaktifkan, WhatsApp akan secara otomatis memblokir pesan dari nomor yang tidak dikenal setelah mencapai jumlah tertentu. Langkah ini dirancang untuk melindungi pengguna dari pesan yang tidak diinginkan atau berpotensi berbahaya.

Selain itu, fitur baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan performa perangkat dengan mengurangi spam dan pesan yang tidak diinginkan yang dapat memperlambat kinerja aplikasi WhatsApp.

"Dengan mengaktifkan opsi untuk memblokir pesan dari akun yang tidak dikenal, fitur ini akan mengurangi jumlah data yang harus diproses oleh aplikasi secara signifikan," ungkap WABetaInfo, seperti dilansir oleh PasundanEkspres pada Selasa (20/8/2024).

Bukan hanya spam yang mengganggu, pesan spam yang berpotensi membahayakan seperti percobaan phishing juga bisa diblokir secara otomatis. Dengan begitu, pengguna WhatsApp tidak perlu lagi repot-repot memblokir nomor yang sering mengirim spam secara manual.

WhatsApp saat ini telah menerapkan beberapa alat untuk mendeteksi dan menyaring aktor berbahaya di platformnya secara otomatis sambil tetap menjaga privasi pengguna. Hal ini termasuk algoritma yang mampu mengidentifikasi perilaku mencurigakan dan spam.

Dengan adanya fitur ini, WhatsApp akan memberikan kontrol yang lebih besar kepada pengguna. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengguna dapat lebih proaktif dalam melindungi akun mereka dari spam.

WhatsApp saat ini juga sudah menyediakan fitur serupa yang memungkinkan pengguna untuk membisukan panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Namun, pengguna tetap dapat melihat log dari panggilan tersebut di tab Calls dan notifikasi.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua