Tekno

Fitur Audio Lossless Spotify yang Sudah Lama Dinantikan Kini Akan Segera Dihadirkan

Fitur audio lossless dari Spotify
Fitur audio lossless dari Spotify sekarang akan hadir dalam waktu dekat. (ilustrasi freepik)

PasundanEkspres - Peminat Spotify telah menantikan dengan sabar kehadiran audio lossless, yang tampaknya akan segera menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

Informasi mengenai kehadiran fitur audio lossless ini terkuak melalui aplikasi desktop Spotify versi 1.2.36. Seorang pengguna Reddit dengan nama OhItsTom membagikan beberapa tangkapan layar yang menampilkan opsi kualitas streaming musik dalam pengaturan.

Tangkapan layar tersebut menunjukkan pilihan streaming musik dalam kualitas lossless hingga 1.411 kbps, dengan kemungkinan kualitas lossless mencapai 2.117 kbps yang dapat menghabiskan data sebesar 15,9 MB per menit. Selain itu, ada juga dukungan untuk audio 24-bit/44,1kHz melalui format audio FLAC, walaupun dukungan untuk audio 24-bit ini hanya tersedia untuk beberapa lagu.

Selain itu, tangkapan layar tersebut juga menampilkan fitur untuk memeriksa apakah perangkat, jenis koneksi, dan bandwidth internet pengguna Spotify mendukung audio lossless. Fitur ini juga memberikan informasi tambahan kepada pengguna, seperti rekomendasi untuk mengunduh lagu dalam kualitas lossless guna pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

Spotify juga memberi peringatan kepada pengguna bahwa sebagian besar perangkat Bluetooth tidak sepenuhnya mendukung audio lossless, dan mereka disarankan untuk menggunakan perangkat kabel atau fitur Spotify Connect untuk mendengarkan secara nirkabel.

OhItsTom mencatat bahwa tampilan antarmuka ini masih bersifat visual saja dan dukungan untuk audio lossless masih belum tersedia. Tangkapan layar lain yang dibagikan oleh OhItsTom menunjukkan bahwa Spotify mengubah merek audio berkualitas tinggi mereka dari Hi-Fi menjadi Lossless.

Spotify pertama kali mengumumkan niatnya untuk merilis audio lossless pada tahun 2021. Namun, setelah tiga tahun berlalu, fitur ini masih belum diluncurkan, dan petunjuk tentang kehadirannya hanya terlihat dari kode dalam aplikasi Spotify.

Tentang kapan Spotify akan merilis fitur yang dinantikan ini masih belum jelas. Apakah audio lossless akan disertakan dalam biaya langganan saat ini atau dipisahkan menjadi paket langganan tersendiri juga masih belum diketahui.

Berita Terkait