Tekno

Inovasi AI Terkini dan Prestasi Gemilang, Sorotan Google Cloud Next 2024

Google Cloud Next 2024
Google Cloud Next 2024. (screenshot @cloud.withgoogle.com)

PasundanEkspres - Google Cloud Next 2024 telah kembali diadakan pada tanggal 9-11 April lalu di Mandalay Bay Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat, menampilkan sejumlah produk dan inovasi terkini dari Google Cloud. Acara tahunan ini menampilkan kemampuan kecerdasan buatan (AI) terbaru yang mampu mengubah berbagai sektor bisnis.

Salah satu inovasi yang ditampilkan adalah Gemini yang akan hadir di Google Chat sebagai asisten pribadi berbasis AI untuk merangkum percakapan, menjawab pertanyaan, dan banyak lagi (dalam masa pratinjau). Gmail kini menggunakan large language model untuk memblokir 20% lebih banyak spam dan mengevaluasi 1.000 kali lebih banyak spam yang dilaporkan oleh pengguna setiap hari.

Voice prompting dan instant polish di Gmail memungkinkan pengguna dengan mudah mengubah instruksi suara pada Help Me Write dan mengubah catatan sederhana menjadi email yang lengkap hanya dengan satu klik.

Fitur tabel baru di Spreadsheet memungkinkan pengguna untuk memformat dan mengatur data dengan desain ramping dan serangkaian elemen penyusun baru, mulai dari manajemen proyek hingga template perencanaan acara dengan peringatan otomatis berdasarkan pemicu khusus seperti perubahan status bidang. Fitur ini akan segera tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur tab di Docs memungkinkan pengguna untuk mengatur informasi dalam satu dokumen daripada menautkan ke beberapa dokumen atau mencari melalui Drive. Fitur ini juga akan segera tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Vertex AI telah memperluas kemampuan grounding, termasuk kemampuan untuk mengarahkan respons secara langsung dengan Google Search (dalam masa pratinjau). Vertex AI Prompt Management membantu tim meningkatkan kinerja dengan cepat (dalam masa pratinjau).

Gemini 1.5 Pro kini tersedia di Vertex AI, menghadirkan jendela konteks terbesar bagi developer. LLM Gemini 1.5 Pro juga menjanjikan efisiensi yang lebih tinggi dan persyaratan komputasi yang lebih rendah, dirancang untuk dapat menerima 1 juta token sehari, sehingga dapat memproses kueri lebih banyak.

Platform ini memiliki pemahaman konteks yang lebih baik dan mampu berbicara layaknya manusia. Dalam satu permintaan, Gemini 1.5 Pro dapat memproses lebih dari 700.000 kata, satu jam video, 11 jam audio, dan kode dengan lebih dari 30.000 baris.

Devoteam G Cloud, perusahaan konsultan IT dan mitra Google Cloud, turut hadir dalam acara Google Cloud Next 2024. Mereka siap merangkul calon pelanggan untuk melakukan transformasi dalam berbagai sektor industri.

Devoteam G Cloud menyoroti keunggulan Gemini Code Assist, yang sebelumnya dikenal sebagai Duet AI for Developer, dalam membantu konsultan IT melakukan coding dengan lebih baik, mengidentifikasi potensi kesalahan, dan memberikan saran untuk perbaikan.

Devoteam G Cloud juga meraih empat penghargaan di Google Cloud Next 2024, termasuk Sales Partner of The Year 2024 untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA), Services Partner of The Year 2024 untuk Denmark, Sales Partner of The Year 2024 untuk Swedia, dan Services Partner of The Year 2024 untuk Asia Tenggara (SEA).

Hendrawan Deny Ardiyatman, Country Director dari Devoteam G Cloud Indonesia, menyatakan kekagumannya terhadap teknologi cloud di masa depan dan antusiasme untuk berkolaborasi dalam inovasi cloud.

Berita Terkait