Tekno

Apple Siap Gandeng OpenAI untuk Hadirkan ChatGPT di iPhone

Apple siap gandeng OpenAI
Apple siap gandeng OpenAI untuk luncurkan ChatGPT di perangkat iPhone. (screenshot @applecom)

PasundanEkspres - Apple dikatakan hampir pasti akan bermitra dengan OpenAI untuk mengintegrasikan teknologi startup tersebut ke dalam iPhone.

Teknologi yang dimaksud adalah ChatGPT, yang akan diintegrasikan sebagai fitur di dalam iOS 18. Kabar ini berasal dari sumber yang mengetahui perjanjian kerja sama ini tetapi memilih untuk tidak disebutkan namanya.

Inklusi ChatGPT dalam iOS 18 merupakan salah satu langkah Apple untuk menyajikan kecerdasan buatan di iPhone, seperti yang dikutip oleh PasundanEkspres dari Bloomberg, Senin (13/5/2024).

Apple juga sedang dalam pembicaraan dengan Alphabet untuk mendapatkan lisensi penggunaan chatbot Gemini. Namun, percakapan tersebut belum mencapai kesepakatan.

Jika kerja sama antara Apple dan OpenAI terjadi, chatbot ChatGPT akan menjadi salah satu fitur berbasis kecerdasan buatan yang akan hadir di iOS 18, yang direncanakan akan dirilis pada acara WWDC 2024 bulan Juni mendatang.

Sebelumnya, diskusi tentang kerja sama antara Apple dan OpenAI semakin intensif pada bulan April. Namun, tidak ada jaminan bahwa kedua belah pihak akan mencapai kesepakatan.

Baik Apple, OpenAI, maupun Google menolak untuk memberikan komentar terkait masalah ini.

Sebelumnya, Apple telah mengungkapkan rencananya untuk menjadikan kecerdasan buatan sebagai topik utama di WWDC 2024. Salah satu langkah yang diambil untuk mendukung rencana tersebut adalah dengan membangun pusat pengolahan kecerdasan buatan yang menggunakan chip buatan mereka sendiri, yaitu M2 Ultra.

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook juga telah mengungkapkan bahwa dia secara pribadi menggunakan ChatGPT. Namun, menurutnya, chatbot tersebut masih memiliki beberapa masalah yang perlu diperbaiki.

Dia juga menyatakan bahwa Apple akan memiliki keunggulan di bidang kecerdasan buatan, meskipun masuk ke ranah tersebut terlambat dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Google dan Microsoft.

"Kami percaya pada kekuatan transformatif dan potensi dari kecerdasan buatan, dan kami yakin kami memiliki keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi unik dari perangkat keras, perangkat lunak, dan integrasi layanan yang dimiliki Apple," kata Cook dalam panggilan pendapatan dengan para investor.

Berita Terkait