Tekno

Apple mengalah, berencana menggunakan teknologi Google di iPhone

Apple mengalah, berencana menggunakan teknologi Google di iPhone
Apple mengalah, berencana menggunakan teknologi Google di iPhone/Foto: Google. (REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo)

PASUNDAN EKSPRES - Apple sedang menjajaki kemungkinan untuk mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) milik Google, Gemini, pada iPhone.

Menurut laporan Reuters yang mengutip Bloomberg News, Apple juga sedang melakukan pembicaraan dengan Microsoft untuk memanfaatkan model AI buatan OpenAI.

Meskipun sedang mengembangkan fitur AI secara internal untuk memperkuat iOS 18 yang akan segera diluncurkan untuk iPhone, Apple tampaknya tertarik untuk bermitra dalam menyediakan fitur AI generatif, yang dapat menciptakan gambar dan tulisan melalui perintah singkat.

 

BACA JUGA:WhatsApps Rilis Fitur Baru, Kirim File Tanpa Internet

 

Kedua perusahaan, Apple dan Google, belum menentukan persyaratan dan merek yang akan digunakan dalam kerja sama mereka di bidang AI.

 

Kesepakatan antara keduanya diperkirakan akan diumumkan paling cepat pada bulan Juni, dalam acara tahunan Worldwide Developers Conference Apple.

 

Menurut laporan Reuters, Apple tertinggal dalam pengembangan AI generatif yang saat ini sedang menjadi tren di industri teknologi.

 

Microsoft dan Google telah mengintegrasikan teknologi AI generatif ke dalam produk-produk mereka.

 

Pada bulan lalu, CEO Apple Tim Cook menyatakan bahwa Apple akan mengungkapkan rencana penggunaan AI generatif pada tahun ini, sambil mengklaim bahwa Apple telah melakukan investasi besar dalam bidang tersebut.

 

Apple dan Google sebelumnya telah bekerjasama dalam penggunaan Google sebagai mesin pencari default di browser Safari milik Apple.

 

Namun, kesepakatan ini sedang menjadi sorotan bagi otoritas hukum di Amerika Serikat dan di negara lain, karena Google dituduh menciptakan ekosistem monopoli melalui pembayaran besar kepada Apple dan perusahaan lain untuk menjadikan mesin pencari mereka sebagai default di sebagian besar perangkat dan browser.

 

BACA JUGA:BCA Resmi Hentikan Layanan m-BCA Menu SIM Card

 

Selain itu, Google juga telah berkolaborasi dengan Samsung untuk mengimplementasikan teknologi AI generatif ke dalam produk-produk HP Samsung, termasuk seri Galaxy S24.

 

(hil/hil)

Berita Terkait