Tekno

Google Translate Tambahkan Dukungan 110 Bahasa Baru, Termasuk Betawi Sampai Madura

Google Translate tambahkan bahasa baru
Google Translate tambahkan 110 bahasa baru termasuk bahasa daerah di Indonesia. (screenshot @apps store)

PasundanEkspres - Google Translate telah memperluas layanan penerjemahnya dengan menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru. Pembaruan ini mencakup sejumlah bahasa daerah di Indonesia yang kini dapat diakses oleh pengguna Google Translate.

Menurut laman dukungan Google, beberapa bahasa daerah di Indonesia yang kini tersedia di Google Translate antara lain Bahasa Aceh, Bali, Betawi, Madura, Makassar, dan Minang. Selain itu, Google Translate juga mendukung Bahasa Batak dengan tiga dialek berbeda, yaitu Batak Karo, Batak Simalungun, dan Batak Toba.

Di luar bahasa daerah Indonesia, pembaruan kali ini juga mencakup bahasa dan dialek dari negara lain seperti Afar, Kanton, Manx, Nko, Punjabi (Shahmukhi), Tamazight (Amazigh), dan Tok Pisin. Google menyatakan bahwa bahasa-bahasa yang baru ditambahkan ini mewakili 614 juta orang atau sekitar 8% dari populasi dunia.

Google Translate menggunakan model AI PaLM2 untuk mempelajari ratusan bahasa baru ini. Google mengungkapkan bahwa model AI ini sangat efektif dalam mempelajari bahasa yang memiliki keterkaitan dengan bahasa lain.

Dalam postingan blog resminya, Google menyatakan bahwa mereka mempertimbangkan elemen seperti variasi regional, dialek, dan standar pengejaan yang berbeda saat menambahkan dukungan bahasa baru di Translate.

"Pendekatan kami adalah memprioritaskan variasi yang paling banyak digunakan di masing-masing bahasa," ujar Software Engineer Google, Isaac Caswell, seperti dikutip dari TechCrunch pada Selasa (02/07/2024).

Google menyebutkan bahwa ratusan bahasa yang baru ditambahkan memiliki tingkat penggunaan yang bervariasi. Beberapa bahasa sudah lama diminta oleh pengguna dan memiliki hingga 100 juta penutur, seperti Kanton, sementara beberapa lainnya tidak memiliki penutur aktif namun masih berusaha dilestarikan oleh komunitasnya.

Sebelum pembaruan ini, Google Translate telah mendukung 133 bahasa. Kini, total bahasa yang didukung oleh Google Translate mencapai 243 bahasa. Daftar lengkap bahasa yang baru ditambahkan ke Google Translate dapat dilihat pada laman berikut ini.

Penambahan 110 bahasa baru ke Google Translate merupakan bagian dari inisiatif Google untuk mendukung 1.000 bahasa melalui teknologi AI yang diumumkan pada tahun 2022. Pada tahun yang sama, Google menambahkan 24 bahasa baru dengan bantuan Zero-Shot Machine Translation.

Berita Terkait