Tekno

Xiaomi Memulai Pengujian Sistem Operasi HyperOS 2.0

HyperOS 2.0
HyperOS 2.0 mulai di uji coba oleh Xiaomi. (screenshot @mi.com)

PasundanEkspres - Xiaomi secara resmi memulai uji coba OS terbaru mereka, HyperOS 2.0, yang bakal menggantikan MIUI.

Informasi ini ditemukan oleh XiaomiTime, yang menunjukkan kode ekstensi di server Over-The-Air (OTA) Xiaomi. Pembaruan OTA adalah pembaruan perangkat lunak baru yang tersedia secara nirkabel pada perangkat seluler.

Dilansir oleh PasundanEkspres dari Gizmochina, pada Selasa (9/7/2024), Xiaomi secara resmi telah mempercepat pengerjaan HyperOS 2.0. Ekstensi baru yang disebut [OSBigversion] ditemukan di server OTA Xiaomi. Ekstensi ini menentukan versi HyperOS.

Misalnya, jika pengguna menggunakan HyperOS 1.0, ekstensi ini akan ditampilkan sebagai [OSBigversion] => 1.0. Jika menggunakan HyperOS 2.0, ekstensi ini akan ditampilkan sebagai [OSBigversion] => 2.0.

Sebelumnya, tidak ada ekstensi OSBigversion, melainkan ada ekstensi [Bigversion] untuk versi utama MIUI. Ekstensi Bigversion ini menentukan versi utama MIUI.

Misalnya, jika pengguna menggunakan MIUI 14, maka akan muncul sebagai "[bigversion] => 14". Xiaomi telah menggunakan jenis ekstensi ini selama bertahun-tahun. Kini, terlihat bahwa ekstensi "OSBigversion" khusus digunakan untuk HyperOS.

Ekstensi ini ditambahkan ke server OTA untuk membedakan antara versi HyperOS yang baru. Dengan ekstensi baru ini, versi HyperOS yang baru akan tiba dengan aman di perangkat tanpa masalah. Hal ini menandakan bahwa pengembangan HyperOS 2.0 telah resmi dimulai.

Selain itu, versi HyperOS memiliki nomor versi yang dimulai dengan V816. MIUI pertama kali dirilis pada 16.8.2010. Oleh karena itu, Xiaomi menetapkan nomor build ke V816. Terdapat beberapa situasi yang berbeda terkait dengan nomor build ini.

Sebelum HyperOS 1.0 dirilis, versi ini memiliki nomor build V15. Ini menunjukkan bahwa HyperOS 1.0 sebenarnya adalah MIUI 15 yang diganti namanya. Beberapa orang berspekulasi bahwa Xiaomi menciptakan sistem operasi baru, namun hal ini tidak benar. Saat ini, pengguna mungkin tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya menggunakan MIUI 15.

HyperOS 2.0 diperkirakan akan diumumkan bersamaan dengan seri Xiaomi 15 pada bulan Oktober. Xiaomi biasanya memperkenalkan antarmuka pengguna baru dengan peluncuran besar dan secara bertahap mulai merilis pembaruan baru. Saat ini, yang perlu dilakukan adalah menunggu dengan sabar untuk kehadiran HyperOS 2.0.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua