Tekno

Samsung Akan Ubah Tampilan One UI 7 Menjadi Mirip iOS 18

One UI 7
One UI 7 akan ubah tampilan mirip iOS 18. (screenshot @sammyfans)

PasundanEkspres - Samsung sedang mempersiapkan pembaruan One UI 7 berbasis Android 15 untuk ponsel dan tabletnya. Pembaruan ini diperkirakan akan membawa banyak perubahan dengan antarmuka yang terinspirasi dari vendor ponsel lain.

Tipster @chunvn8888 dalam postingannya di X mengklaim bahwa tampilan baru One UI 7 akan mengambil inspirasi dari iOS 18. Ia juga membagikan daftar perubahan yang akan hadir di One UI 7, berdasarkan informasi dari sumber yang pernah mencobanya.

Salah satu perubahan di One UI 7 yang menarik perhatian adalah panel notifikasi. Menurut deskripsi @chunvn8888, One UI 7 sepertinya akan mengadopsi panel notifikasi ala iOS dan MIUI/HyperOS milik Xiaomi di mana panel notifikasi dan pengaturan cepat dipisahkan.

@chunvn8888 menyatakan bahwa panel notifikasi akan ditempatkan di sisi kiri layar, sedangkan sisi kanan untuk pengaturan cepat. Mereka menambahkan bahwa Samsung sepertinya akan mengikuti pendekatan Xiaomi di mana pengguna bisa berpindah dari panel notifikasi ke pengaturan cepat atau sebaliknya dengan swipe kiri atau kanan.

Samsung tampaknya bukan satu-satunya vendor ponsel Android yang akan mengadopsi panel notifikasi terpisah. Tipster Digital Chat Station dalam postingannya di Weibo mengatakan bahwa ColorOS 15 milik Oppo juga akan menawarkan pusat kontrol yang terpisah.

Selain panel notifikasi baru, @chunvn8888 juga mengatakan bahwa One UI 7 akan menawarkan lebih banyak aplikasi yang bisa dipasang sebagai tombol action button di lock screen, mirip dengan fitur baru iOS 18.

One UI 7 juga diklaim akan mengadopsi ikon aplikasi dan widget di lock screen yang lebih bulat, ikon dengan tampilan lebih 3D ala MacOS dan VisionOS, serta ikon galeri baru dengan tampilan bunga warna-warni yang mirip seperti ikon galeri di iOS, seperti dikutip dari Android Authority, Senin (22/7/2024).

Tipster ini juga menyebutkan bahwa antarmuka aplikasi kamera di One UI 7 akan diubah, dengan pengaturan cepat yang sebelumnya berada di bagian atas akan dipindahkan ke bagian bawah dekat mode kamera.

Belum diketahui kapan Samsung akan merilis One UI 7 untuk perangkatnya karena mereka masih fokus menggulirkan One UI 6.1.1. Samsung sudah menguji pembaruan software ini di seri Galaxy S23 dan Galaxy S24, dan bukan tidak mungkin versi betanya akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua