Tekno

Berlakukan One Way Arus Balik, Jalur Arteri Pantura Simpang Jomin

One Way Arus Balik
DICKY HALIM PERDANA/PASUNDAN EKSPRES ONE WAY: Situasi Simpang Jomin yang diberlakukan One Way oleh personel Polres Karawang pada H+4 Arus Balik Mudik.

KARAWANG-Guna untuk memperlancar arus balik mudik, Polres Karawang menerapkan sistem One Way atau satu arah yang diberlakukan oleh untuk mengurai kepadatan kendaraan di arus mudik hingga balik Lebaran Idulfitri 1445 H. Sistem One Way turut diterapkan oleh Polres Karawang, yang sudah mulai diberlakukan di ruas jalur arteri Pantura Karawang pada pertigaan jalan Simpang-Jomin, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang sejak H+1 Lebadan Idulfitri 1445 H.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kapospam Simpang-Jomin, IPTU Suherlan menjelaskan, pemberlakuan sistem One Way yang diterapkan oleh jajaran petugas kepolisian dari Polres Karawang yang bertugas di Pospam Jomin, tujuannya untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan pemudik yang terjadi di ruas pertemuan antara jalur arteri Pantura Karawang dengan jalur persimpangan Jomin-Mutiara di pertigaan Simpang Jomin Kecamatan Kotabaru Karawang, Minggu (14/4) 

"Sesuai arahan pimpinan, maka kita lakukan sejumlah protap atau CB-CB (cara bertindak), yang tujuannya itu bisa mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan pemudik, yang terjadi di Simpang Jomin, ruas jalur arteri Pantura Karawang ini. Alhamdulillah bisa kita lihat bersama untuk situasi arus lalu lintas di Simpang Jomin saat ini, baik dari arah Cirebon menuju ke Jakarta maupun sebaliknya, terpantau ramai lancar," ujarnya

Suherlan menambahkan, adapun rekayasa arus lalin untuk kendaraan pemudik yang hendak menuju ke arah Cirebon maupun Jawa Tengah atau sekitarnya, dari arah Cikopo melalui jalur arteri Pantura Karawang, di ruas lintasan jalur Simpang Mutiara menuju Simpang Jomin ini, nantinya kendaraan para pemudik itu akan diarahkan untuk belok kiri, menuju arah Cikampek di ruas jalur arteri Pantura Karawang saat melintasi persimpangan Jomin tersebut.

"Untuk kendaraan dari arah Cikopo menuju ke arah Cirebon, yang melintas di jalur persimpangan Mutiara - Jomin ini akan kita belokan ke kiri, ke arah Cikampek. Jadi nantinya mereka ini tetap akan dapat menuju ke kota yang ditujunya. Setelah kendaraan tersebut berputar arah di Bunderan Depo Pertamina Dawuan Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang," paparnya. 

Aelain mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan pemudik,

Suherlan menyebutkan, di ruas jalur persimpangan Jomin ini hanya diberlakukan satu arah saja. Yakni, hanya untuk kendaraan pemudik yang hendak kembali menuju ke Jakarta dari arah Cirebon hingga Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Adanya pemberlakuan sistem 'One Way' tersebut, dikarenakan adanya pertemuan arus kendaraan yang terjadi di persimpangan Jomin. Demi kelancaran arus kendaraan lalu lintas pada H+4 Lebaran Idulfitri 1445 H ini, maka kita terapkan One Way, atau kita satu arahkan lajur arah kendaraannya itu," jelasnya.(dik/ery) 

 

Berita Terkait