Tekno

Penasaran? Ini 4 Fitur Chatbot AI WhatsApp yang Canggih juga Interaktif!

Fitur Chatbot AI Whatsapp yang canggih dan interaktif
Fitur Chatbot AI Whatsapp yang canggih dan interaktif. (ilustrasi freepik)

PasundanEkspres - WhatsApp (WA) berencana menghadirkan AI untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Saat ini, teknologi kecerdasan buatan ini masih dalam versi beta sehingga belum bisa digunakan oleh semua pengguna WA. Seperti apa update dan fitur chatbot AI WhatsApp ini? Simak ulasannya di artikel berikut.

Apa Itu WhatsApp Chatbot AI?

Mengutip dari laman resmi WhatsApp dan WABetaInfo, WhatsApp bekerja sama dengan Meta Llama 3 untuk merilis fitur Artificial Intelligence (AI) dan chatbot. Fitur chatbot Meta AI berfungsi sebagai asisten virtual yang dapat membantu pengguna.

Nantinya, fitur chatbot Meta AI akan berada di kolom pencarian WhatsApp sehingga pengguna bisa langsung berinteraksi. Pengguna dapat menanyakan segala topik dengan cepat dan praktis, mirip dengan ChatGPT.

Saat ini, fitur chatbot Meta AI WhatsApp masih dibatasi untuk beberapa pengguna. Fitur Meta AI ini baru mulai dirilis di Amerika Serikat dan akan diluncurkan secara bertahap ke beberapa negara lain seperti Australia, Kanada, Ghana, Zambia, Uganda, Zimbabwe, Selandia Baru, Jamaika, Pakistan, Nigeria, dan Singapura.

4 Fitur Chatbot AI WhatsApp

Sebagian pengguna WhatsApp di Indonesia mungkin penasaran dengan fitur terbaru chatbot AI yang disediakan oleh WhatsApp. Dilansir dari situs GeeksforGeeks, berikut adalah gambaran sejumlah fitur interaktif chatbot AI WhatsApp:

1. Conversational AI

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu fungsi utama chatbot AI adalah untuk bercakap-cakap dan berinteraksi langsung dengan pengguna. Kamu bisa mengobrol dan menanyakan berbagai topik, dan chatbot AI ini akan merespon segala pertanyaan yang diajukan dengan informatif dan komprehensif. Berikut cara memulai percakapan dengan Meta AI:

  1. Klik ikon Meta AI berbentuk lingkaran pada tab obrolan.
  2. Baca dan setujui persyaratan yang diberikan.
  3. Ketik pertanyaan atau permintaan yang ingin diajukan.
  4. Klik send atau kirim.

Selain itu, kamu juga bisa langsung mengintegrasikan asisten Meta AI dalam obrolan dengan mengetik @Meta AI pada laman obrolan, dan chatbot AI ini pun akan merespons percakapan kamu.

2. Search Assistance

Ingin mencari informasi secara cepat tanpa perlu menggunakan browser? Fitur search assistance adalah jawabannya. Dengan fitur ini, pengguna cukup mengajukan hal yang ingin ditelusuri pada asisten AI WhatsApp, dan AI akan secara otomatis menjelajahi website untuk menyediakan informasi yang relevan, sehingga pengguna tak lagi harus repot berpindah antar aplikasi.

3. Membuat Gambar Berbasis AI

Tak ketinggalan, kini gambar berbasis AI juga bisa langsung dibuat dengan mudah menggunakan chatbot AI WhatsApp. Cukup deskripsikan secara mendetail gambar yang diinginkan, dan asisten AI akan mewujudkan gambar keinginan kamu menjadi nyata. Untuk membuat gambar AI melalui WhatsApp di HP, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka kolom obrolan dengan Meta AI.
  2. Ketik 'Imagine' diikuti dengan deskripsi gambar yang diinginkan.
  3. Pilih gambar lalu klik ikon kirim atau send.
  4. Hasil gambar akan ditampilkan pada laman percakapan.

Sementara itu, berikut cara membuat gambar AI di WhatsApp lewat komputer atau laptop:

  1. Buka kolom obrolan dengan Meta AI.
  2. Ketik @ lalu klik /imagine.
  3. Ketik deskripsi gambar yang kamu inginkan.
  4. Klik kirim atau send.
  5. Chatbot Meta AI akan menampilkan hasil gambar di laman obrolan.
4. Chat Dengan Meta AI di Grup

Terakhir, teknologi Meta AI juga memungkinkan pengguna untuk mengobrol dan bertanya dengan asisten virtual chatbot AI dalam grup. Tak perlu khawatir konten percakapan dalam grup terekam sistem Meta AI, karena Meta AI hanya akan membaca dan merespon percakapan yang menyebut @Meta AI. Berikut cara bertanya pada Meta AI dalam grup chat:

  1. Buka grup chat.
  2. Ketik @ di kolom pesan kemudian klik Meta AI.
  3. Baca dan setujui persyaratan jika ada.
  4. Ketikkan pertanyaan atau permintaan yang ingin diajukan.
  5. Klik kirim dan AI akan menanggapi obrolan kamu dalam grup.

Itu dia ulasan mengenai 4 fitur chatbot Meta AI terbaru yang diluncurkan oleh WhatsApp. Kalau detikers paling penasaran dengan fitur yang mana nih?a

Berita Terkait