Tekno

Xiaomi Menyediakan Cara Mudah untuk Menghapus Iklan di Ponselnya

HyperOS
Xiaomi berikan kemudahan hilangkan iklan di perangkatnya. (screenshot mi.com)

PasundanEkspres - Pengguna setia Xiaomi tentu sudah akrab dengan skin MIUI dan HyperOS yang sering menampilkan iklan, baik di notifikasi maupun aplikasi sistem. Xiaomi tampaknya sedang menyiapkan metode yang lebih mudah untuk menghilangkan iklan di perangkatnya.

Tipster Yogesh Brar dan SmartPrix menemukan bukti bahwa Xiaomi sedang mengembangkan cara untuk menghapus iklan sistem di HyperOS hanya dengan satu sentuhan.

Mereka menemukan toggle di aplikasi pengaturan Xiaomi yang dapat diaktifkan untuk menonaktifkan iklan. SmartPrix juga mengunggah GIF yang menunjukkan toggle 'ads in system apps' yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan untuk mengontrol iklan sistem.

Saat ini, pengguna Xiaomi yang ingin menghilangkan iklan di perangkatnya harus melalui proses yang panjang dan rumit. Pengguna harus menonaktifkan aplikasi MSA dan masuk ke menu pengaturan di masing-masing aplikasi sistem seperti Mi Browser, Music, Themes, dan lainnya.

Karena kerumitannya, pengguna terkadang terpaksa menggunakan solusi atau panduan online dari pihak ketiga yang memiliki risiko keamanan dan berpotensi menjadi bloatware. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, iklan yang ditampilkan di perangkat Xiaomi sudah jauh berkurang.

Jika fitur ini diterapkan, toggle tersebut akan mempermudah proses yang sebelumnya sangat rumit. Pengguna tidak perlu mencari panduan online dan dapat mengontrol pengalamannya dengan lebih mudah.

Model bisnis Xiaomi memang mengandalkan iklan sebagai salah satu sumber pendapatan. Hal ini memungkinkan perangkat Xiaomi dijual dengan harga terjangkau, dan mereka membatasi margin keuntungan dari perangkatnya sebesar 5%, seperti dikutip dari Android Authority, Senin (8/7/2024).

SmartPrix melaporkan bahwa toggle tersebut tersedia di Xiaomi 13 Pro yang menjalankan test build HyperOS. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan dan apakah akan tersedia untuk perangkat lama Xiaomi yang menggunakan MIUI.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua